Sukses

Kisah Juara 3 Miss World Maria Harfanti Harumkan Indonesia

Kisah perjuangan Maria Harfanti meraih Juara 3 dalam ajang Miss World hingga mengharumkan Indonesia. Seperti apa ceritanya?

 

Liputan6.com, Jakarta Perjalanan Maria Harfanti sebelum jadi Miss Indonesia 2015

Kebahagiaan Maria Harfanti saat Impiannya Terwujud

Dunia kecantikan geger dengan keluarnya nama Maria Harfanti yang berhasil memenangkan fast track kategori Beauty with a Purpose serta menjadi juara 3 di ajang Miss World 2015. Ini adalah pencapaian tertinggi bagi Indonesia di ajang Miss World.

Di ajang Miss World tahun-tahun sebelumnya, prestasi Indonesia belum sampai menembus tiga besar. Sebut saja Miss World 2013 yang diwakili Vania Larissa, yang hanya berhasil masuk 10 besar. Wajar saja jika Maria Harfanti disebut-sebut mengharumkan nama Indonesia di ajang kontes kecantikan dunia setelah menyingkirkan ratusan wanita cantik lainnya.

 Maria Harfanti (Instagram)

Maria Harfanti mewakili Indonesia dalam acara yang dihelat di Beauty Crown Grand Tree Hotel, Sanya, Tiongkok, 19 Desember 2015. Maria Harfanti tepat berada di bawah Miss Rusia Sofia Nikitchuk, serta runner-up pertama dan kontestan asal Spanyol, Mireia Lalaguna Royo, sebagai pemenang Miss World 2015.

Tak hanya cantik, Maria Harfanti juga memiliki bakat, termasuk saat membuat juri kagum ketika jari-jarinya berdansa di atas piano dan melantunkan musik yang indah. Sebelum masuk karantina untuk Miss World 2015, Maria Harfanti melakukan perjalanan ke sebuah wilayah di Indonesia yang kurang beruntung karena tak memiliki air bersih. Maria Harfanti juga senang bertemu anak-anak, membantu mereka belajar dan mendapatkan pendidikan.

Maria Harfanti (Instagram)

“Maria mengerjakan proyek Beauty with a Purpose, mulai dari survei, menggalang dana, ikut mengerjakan pembuatan sanitasi saluran air bersih dan MCK di Kampung Kamancing. Tidak heran bila Maria memenangkan juara Beauty with a Purpose,” kata Ketua Yayasan Miss Indonesia, Liliana Tanoesoedibjo.


Perjalanan Maria Harfanti sebelum jadi Miss Indonesia 2015

Sebelum mewakili Indonesia, Maria Harfanti menempuh jalan yang panjang untuk meraih impiannya itu. Maria Harfanti memulai perjalanannya sebagai kotestan Miss Indonesia asal DI Yogyakarta.

Kemampuan dan bakat yang dimiliki Maria Harfanti berhasil membuatnya mendapatkan gelar sebagai Miss Indonesia 2015. Maria Harfanti memang memiliki talenta yang luar biasa. Sejak kecil, Maria sudah mahir dalam memainkan piano dan bernyanyi.

"Seorang artis terlihat dari sentuhan di suatu nada hingga mampu menggetarkan nurani," tulis Maria Harfanti yang mengutip dari Wassily Kandinsky, menunjukkan kecintaannya terhadap piano.

Miss Indonesia 2015, Maria Harfanti melambaikan tangan usai menggelar konferensi pers di Jakarta, Senin (21/12). Usai mengikuti ajang Miss World 2015, Maria bakal merampungkan studi S2-nya yang sempat terbengkalai. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Pendidikan yang ditempuh oleh Maria juga membanggakan. Maria Harfanti sangat pandai bermain piano dan bernyanyi. Latar belakang pendidikannya adalah lulusan sarjana di Universitas Trisakti dan kini terdaftar sebagai mahasiswi magister manajemen Universitas Indonesia.

Perjalanan Maria Harfanti terangkum di akun media berbagi gambar Instagram miliknya. Dalam foto penobatan dirinya sebagai Miss Indonesia 2015, pada 43 minggu lalu, mimpi Maria Harfanti satu demi satu akhirnya terwujud.

"Saya tak menyangka bisa mewakili Indonesia sebagai Miss Indonesia 2015. Terima kasih untuk semuanya yang telah mendukung saya," tulis Maria Harfanti saat dinobatkan sebagai Miss Indonesia 2015.

Miss Indonesia 2015, Maria Harfanti menggelar konferensi pers usai kepulangannya pada ajang Miss World 2015, Jakarta, Senin (21/12). Di ajang itu, Harfanti berhasil menyandang gelar juara ketiga. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Maria Harfanti pun mempromosikan Indonesia lewat budaya dan pendidikan. "Tak ada yang lebih penting dari fakta yang menunjukkan jika saya terlahir di Indonesia dan dibesarkan sebagai Indonesia," tulis Maria Harfanti.

Maria Harfanti ingin membantu orang lain. Maria Harfanti melakukan perjalanan panjang membantu warga di Kampung kamincing di Pandeglang, Banten. Sungguh miris, wilayah yang tak jauh di ibu kota Indonesia, Jakarta, masih ada wilayah yang bisa disebut tertinggal.

Maria Harfanti (AFP Photo)

"Kampung Kamancing merupakan kampung yang terletak di Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. Keadaan kampung ini gersang dan tingkat sanitasinya sangat buruk. Hingga saat ini, Kampung Kamancing tidak memiliki satu pun MCK dan para penduduk terbiasa untuk buang air di sembarang tempat.

Krisis air bersih merupakan masalah yang belum terselesaikan. Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga Kampung Kamancing selama ini menggunakan air keruh yang berasal dari kubangan yang terletak di dekat permukiman," tulis Maria Harfanti saat mengenang perjalanan panjangnya.

Kebahagiaan Maria Harfanti saat Impiannya Terwujud

Setelah menjadi Miss Indonesia, Maria Harfanti tak menyangka jika harus menjadi kontestan di Miss World sebagai wakil dari Indonesia. Namun Maria Harfanti bersyukur dengan pengalaman baru yang ia dapatkan.

"Saya belajar berbagai hal baru setiap minggu. Saya bersyukur kepada Tuhan YME atas semua yang telah Dia berikan," tulis Maria Harfanti.

Maria Harfanti saat berpose dengan Miss World 2015, kontestan asal Spanyol Mireia Lalaguna Royo (Instagram)

Maria Harfanti pun mempersiapkan diri menjelang ajang kecantikan sedunia itu. Salah satunya, dengan melatih kemampuannya bermain piano yang ingin ia tunjukkan di hadapan publik.

Rupanya perjuangan Maria Harfanti tak sia-sia. Maria Harfanti memecahkan rekor dengan menjadi Juara 3 Miss World 2015, menjadi kenangan tak terlupakan baginya dan wanita di Indonesia lainnya.

Miss Indonesia, Maria Harfanti (keempat kanan) beserta para peserta Miss World 2015 lainnya berpegangan tangan usai pnganugrahan juara di Sanya,  Cina, Sabtu (19/12). Indonesia berhasil menorehkan prestasi dengan menjadi juara ketiga. (REUTERS/Stringer)

"Saya meninggalkan Tiongkok dengan perasaan dan pengalaman tak terlupakan yang akan terus saya kenang sepanjang hidup. Semua wanita yang mewakili negaranya di Miss World 2015 merupakan pemenang bagi dirinya sendiri. Saya tak bisa melupakan momen indah selama berada di karantina Miss World 2015. Saya tak akan melupakan kalian," tulis Maria Harfanti. (Des/Adt)*

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.