Sukses

Siapa Snoke, Penjahat Utama di Star Wars: The Force Awakens?

Penjahat utama Star Wars: The Force Awakens adalah Snoke. Siapa dia sebetulnya?

Liputan6.com, Los Angeles - Banyak pertanyaan yang hinggap setelah menyaksikan Star Wars: The Force Awakens. Salah satunya adalah mengenai jati diri sosok antagonis utama bernama Supreme Leader Snoke (Pimpinan Tertinggi Snoke).

Di dalam filmnya, Snoke yang diperankan Andy Serkis, hanya terlihat melalui hologram raksasa saat sedang berbicara dengan Kylo Ren dan para petinggi First Order. Belakangan, sebuah teori baru dari penggemar muncul. Dan teori itu sangatlah unik.

Seperti disampaikan Cinema Blend, Senin (28/12/2015), teori itu muncul dari penggalan adegan Star Wars Episode III: Revenge of the Sith ketika Kanselir Palpatine bercerita kepada Anakin Skywalker tentang legenda sith bertema "The Tragedy of Darth Plagueis".

Cerita mengenai karakter tersebut di Episode III adalah mengenai kehebtannya untuk mengelabui kematian. Cerita itu digunakan Palpatine untuk merayu Anakin agar hijrah dari Jedi (baca:kebaikan) ke golongan Sith (baca: kejahatan). Yang sudah nonton Episode III tentu tahu, Anakin khawatir akan nasib ia dan istrinya, Padme Amidala.

Hayden Christensen, pemeran Anakin Skywalker alias Darth Vader di Star Wars Episode I-III. (movpins.com)

Teori yang dijabarkan oleh Radio Time mengemukakan pendapat bahwa Supreme Leader Snoke dan karakter bernama Darth Plagueis adalah sosok yang sama. Keunikan pun muncul tatkala mereka menjabarkan dasar teorinya.

Menurut pihak Radio Times, kemiripan dua karakter itu muncul dari soundtrack yang diperdengarkan dalam filmnya. Musik saat Snoke muncul disinyalir memiliki kemiripan dengan musik saat adegan cerita tentang Darth Plagueis muncul di Episode III.

Andy Serkis di Star Wars: The Force Awakens saat memperagakan Snoke.

Walaupun begitu, harus dicatat bahwa komposer John Williams juga banyak membuat musik dengan motif serupa di dua adegan, tapi tak memiliki kaitan dalam hal cerita.

Lalu sempat tersiar sebuah rumor bahwa Palpatine yang telah menjelma sebagai Darth Sidious di trilogi asli (Episode IV-VI), akan menjadi dalang utama dalam kejadian besar di film Star Wars: The Force Awakens. Walaupun begitu, dasar rumor itu masih belum jelas sama sekali.

Desain Palpatine dan Snoke untuk Star Wars. (sciencefiction.com)

Di film Revenge of the Sith juga diketahui bahwa Palpatine merupakan murid yang belajar bagaimana caranya ia mengelabui kematian dari Plagueis sebelum ia mengkhianati gurunya itu.

Sehingga, teori tersebut menyimpulkan, "Kalau Palpatine, saja bisa menipu kematian, tentunya itu bisa berlaku juga kepada Plagueis." Kemungkinan Snoke merupakan jelmaan sosok bernama Plagueis pun semakin kuat.

Star Wars: The Force Awakens. (superherohype.com)

Teori tersebut pun berpotensi membawa fans berat Star Wars dalam menemukan benang merah antara Episode III dan VII melalui kemampuan Plagueis itu hingga ia mampu bertahan hidup dan menjadi Snoke. Memang di Episode VII, tak ada sama sekali rujukan benang merah terhadap Episode I hingga III.

Star Wars: The Force Awakens sendiri telah ditayangkan di bioskop-bioskop Indonesia. Bagi yang sedang penasaran dengan teori tersebut, bisa menontonnya saat ini di bioskop terdekat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.