Sukses

George Lucas Kritik Star Wars 7 dan Sebut Disney `Germo`

George Lucas sudah menonton Star Wars: The Force Awakens. Dan ia tak suka.

Liputan6.com, Los Angeles - George Lucas sudah menonton film Star Wars ke-tujuh, Star Wars: The Force Awakens. Dan ia tak sungkan mengatakan kritiknya pada film itu.

Kritik tersebut dikatakan Lucas saat diwawancara jurnalis kawakan Charlie Rose di acara TV di saluran PBS. Diwartakan Hollywood Reporter, Rabu (30/12/2015), Lucas bahkan mengatakan hal yang terbilang kasar pada Disney yang kini memiliki Lucasfilm, perusahaan film yang dulu ia dirikan.

"Saya menjual mereka (Lucasfilm berikut Star Wars-nya) pada para germo yang membuat film seperti ini dan ..." kata Lucas tanpa melanjutkan omongannya dan memilih tertawa.

Pada 2012, Lucas telah menjual Lucasfilm yang didirikannya pada 1970-an ke Disney senilai US$ 4 miliar. Sejak itu, hak memfilmkan produk Lucasfilm, yakni Star Wars dan Indiana Jones, beralih ke perusahaan Mickey Mouse itu.

Saat berbincang dengan Rose, Lucas mengatakan betapa ia mencintai Star Wars yang ia ciptakan. Ia bahkan menyebut film Star Wars sebagai "anak-anaknya." Namun, pria yang menyutradarai empat film Star Wars (Episode IV: A New Hope dan Episode I-III) ini berterus terang mengatakan tak suka dengan film Star Wars baru buatan J.J. Abrams.

Star Wars: The Force Awakens. (superherohype.com)

"Mereka ingin membuat film jadoel. Saya tak suka. Setiap film yang saya buat, saya kerjakan dengan segala kerja keras untuk terlihat berbeda," kata Lucas pada Rose. "Saya membuat (Star Wars) sepenuhnya berbeda-beda--beda planet, beda pesawat ruang angkasa demi segalanya terlihat baru."

Ia juga kembali bercerita, sebelum Lucasfilm dijual, ia berencana menulis dan menyutradarai trilogi baru Star Wars. Lalu Lucasfilm dibeli Disney. Disney tak tertarik dengan ide cerita Star Wars baru versi Lucas, dan ia memutuskan mundur.

Star Wars VII

"Mereka tak ingin saya terlibat, sebab jika saya ada di situ, saya hanya akan membuat masalah. Dan saya tak lagi punya kendali atas hal itu lagi," katanya. "Dan saya bilang, 'Baiklah, saya mundur dan membiarkan kalian bekerja sendiri.'"

Meski tak disukai George Lucas faktanya Star Wars: The Force Awakens meraih sukses di seluruh dunia. Film itu menjadi film yang tercepat meraup pendapatan USD 1 miliar dalam waktu 12 hari. Kendati begitu, kritik Lucas pun cukup beralasan. Star Wars 7 banyak dikritik terlalu mirip dengan trilogi asli Star wars Episode IV-VI. (Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.