Sukses

Review The Surprise, Andaikan Bunuh Diri Dijadikan Sebuah Bisnis

The Surprise, menggambarkan seandainya bunuh diri dijadikan sebagai sebuah bisnis dan komoditas.

Liputan6.com, Jakarta - Bunuh diri tentu masih menjadi hal yang sangat tabu untuk dilakukan di atas Bumi ini walaupun calon pelaku beralasan dirinya sedang frustasi. Akan tetapi, bagaimana jika proses bunuh diri dijadikan sebuah bisnis dan komoditas?

Gambaran unik itu hanya ada dalam film besutan sineas Belanda bertajuk The Surprises. Film arahan sutradara Mike van Diem ini bertutur tentang seorang pria bernama Jacob van Zuylen de With (Jeroen van Koningsbrugge) yang mencoba untuk bunuh diri setelah ibu kesayangannya meninggal dunia.

Padahal, Jacob ditinggalkan warisan yang sangat melimpah dari orangtuanya, mulai dari tanah yang luas, rumah yang besar, pembantu yang loyal, hingga harta yang melimpah.

Tapi Jacob tak peduli dengan semua itu, ia malah membuang peninggalan orangtuanya dengan cara menjual serta menyumbangkan dana besar demi memuluskan rencananya untuk bunuh diri.

Berkali-kali gagal melakukan bunuh diri di lingkungan rumahnya karena hampir ketahuan seluruh pembantu, Jacob akhirnya berniat menghabisi nyawanya sendiri di luar area rumah.

Film The Surprise. (ketelhuis.nl)

Akan tetapi ia menemukan hal yang menarik, yaitu bisnis bunuh diri melalui sebuah kotak kecil yang ditinggalkan di tempat ia mencoba meregang nyawa. Akhirnya, ia pun menghampiri lokasi perusahaan langka tersebut.

Di situ, ia membuat perjanjian dan pada akhirnya berkenalan dengan seorang wanita bernama Anne de Koning (Georgina Verbaan) yang mengaku ikut melakukan perjanjian. Jacob pun dijanjikan oleh perusahaan bakal mendapatkan sebuah 'Surprise' (kejutan) sebelum ajal menghampirinya.

Sembari menunggu masa-masa nyawanya dihabisi tanpa diketahui kapan waktunya, Jacob lalu mengumumkan kepada para pembantunya bahwa mereka sudah tak bisa bekerja lagi di rumahnya.

Film The Surprise. (film.ru)

Namun, ada salah satu pembantunya yang masih setia kepadanya. Sehingga, penantiannya untuk dihabisi pun jadi sedikit terganggu. Padahal aslinya, Jacob tak seharusnya menunggu saat-saat kematian dan harus menikmati keseharian seperti biasanya. 

Bahkan selain itu, Jacob malah akrab dengan Anne. Celakanya, aturan dari perusahaan bunuh diri melarang sesama klien untuk saling berdekatan. Alhasil berbagai kejadian dan hal tak terduga pun menghampirinya secara unik dan menegangkan.

Film The Surprise. (rogerebert.com)

Menelusuri kualitas filmnya, The Surprise bisa dibilang memiliki unsur ketegangan dan komedi yang cukup kental. Bahkan, sesekali kita melihat berbagai adegan laga yang menjadi bumbu menyegarkan dalam film ini.

Tak hanya itu, kita melihat karakteristik Jacob sebagai seorang individu memang tergolong sangat aneh. Ia merasa dirinya kesepian dan sulit untuk bisa bergaul. Ternyata itu semua ada penyebabnya yang akhirnya dijelaskan dalam film ini.

Film The Surprise. (epizod.tv)

Nuansa komedi juga tak hanya datang dari Jacob dan Anne, namun juga para pekerja di perusahaan bunuh diri. Humor yang sangat renyah dimunculkan oleh mereka bersama dengan sebuah plot twist yang bisa memberikan kejutan tersendiri kepada para penonton.

The Surprise tak hanya menjadi nama konsep kejutan pra-kematian yang dijanjikan oleh perusahaan yang disewa Jacob. Namun sesuai judulnya, The Surprise juga dipenuhi hal-hal yang bisa membuat penonton terkejut.

Penayangan The Surprise di Indonesia sendiri hanya bisa didapatkan melalui bioskop Cinemaxx. Apabila tertarik mendapatkan suguhan yang unik, ada baiknya menyaksikan film satu ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.