Sukses

Drama Terbaru Song Joong Ki Habiskan Biaya Fantastis

Drama Descendants of the Sun menelan biaya produksi yang tinggi.

Liputan6.com, Jakarta Industri hiburan Korea dalam memproduksi sebuah drama terkadang memang tak tangung-tanggung. Untuk menghasilkan drama yang berkualitas tinggi memang membutuhkan biaya yang juga luar biasa besar, seperti drama Heirs, 3 Days, dan You Who Came From The Stars. Ke tiga drama tersebut hanya sebagian kecil dari serangkaian judul drama yang memerlukan biaya produksi tinggi.

[Foto: Potongan Drama Descendants of the Sun]

Tak terkecuali drama produksi KBS, Descendants of the Sun yang akhir-akhir ini sedang banyak diperbincangkan orang. Drama yang sukses meraih rating hingga 24.1 persen di episode keempat penayangannya ini, nyatanya juga menggunakan biaya produksi tinggi.

Dikutip dari Soompi, Minggu (6/3/2016), biaya produksi drama yang dibintangi Song Joongki dan Song Hye Kyo ini mencapai 13 milyar won atau setara dengan $10.8 juta (Rp 141,3 miliar). Sebagian besar biaya produksi tersebut dihabiskan untuk membangun latar tempat yang menyerupai negara perang, sesuai dengan jalan ceritanya.

Drama ini merupakan pre-produced drama, yang telah menyelesaikan serangkaian proses syuting sebelum masa tayangnya dimulai. Para pemain menghabiskan waktu syuting selama sebulan di Yunani, dan menghabiskan sekitar 65 persen untuk biaya produksi di sana. Sementara proses syuting adegan lainnya dilakukan di Taebaek, Provinsi Gangwon.

Biaya yang besar juga digunakan untuk unsur estetika dari drama ini seperti post-filming efek CGI (Computer Generated Imagery). "Aku tidak bisa memastikan berapa biaya produksi yang telah dihabiskan untuk membuat efek CGi, tapi kami menginvestasikan banyak sekali biaya untuk membuat lokasi yang eksotis," kata salah seorang crew produksi

Drama yang dibintangi Song Joong Ki dan Song Hye Kyo meraih rating tertitinggi.

Drama ini menghabiskan biaya sekitar US$ 668,000 (Rp 8,7 miliar) per episode, biaya ini jauh di atas rata-rata pembiayaan produksi untuk drama dengan genre yang sama, yang biasanya menghabiskan biaya rata-rata Rp 3,8 miliar.

Sementara itu, drama Descendants of the Sun memiliki total 16 episode dan tayang setiap hari Rabu dan Kamis di chanel KBS pukul 22 waktu setempat. (Ufa/fei)

aksikan Live Gerhana Matahari Total, Rabu 9 Maret 2016 di Liputan6.com, SCTV dan Indosiar Mulai Pukul 06.00 - 09.00 WIB. Klik di sini 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini