Sukses

2 Jam Leonardo DiCaprio Saksikan Perilaku Orangutan Sumatera

Leonardo DiCaprio, beserta Adrien Brody, dan Fisher Stevens tak berencana mengunjungi Aceh Tenggara sebelumnya.

Liputan6.com, Aceh - Leonardo DiCaprio, bersama Adrien Brody (pemeran Jack Driscoll dalam film Kingkong) dan Fisher Stevens mendatangi Aceh Timur untuk melihat kemajuan program yang ada. Setelah itu, Leonardo pun terbang ke Aceh Tenggara, yang sebelumnya tak direncanakan.

Menggunakan helikopter, Leonardo Dicaprio mendarat di lapangan SMA Negeri 1 Ketambe, Aceh Tenggara yang langsung disambut antusias warga setempat. Kedatangan Leo --sapaan Leonardo DiCaprio-- ke sana untuk melihat Stasiun Penelitian Orangutan Sumatera tertua, serta ingin melihat langsung habitatnya yang berada di Taman Nasional Gunung Leuser.

Leonardo DiCaprio (gunungleuser.or.id)

Diwartakan gunungleuser.or.id, Senin (28/3/2016), peraih Oscar itu beruntung bisa bertemu dengan tiga orangutan Sumatera (Pongo Abelii) dewasa di tempat yang tidak jauh dari kamp penelitian. Selama hampir dua jam, Leonardo Dicaprio, Adrien Brody, serta Fisher Stevens menyaksikan perilaku satwa liar yang 97 persen genetikanya mirip dengan manusia itu.

 

"Balai Besar TNGL mendukung pihak-pihak yang beritikad baik membantu konservasi Leuser. Kami juga mengapresiasi pegiat lingkungan yang mengkampanyekan kelestarian alam, termasuk Leonardo DiCaprio dan rekan-rekannya ini," ujar Kepala Balai Besar TNGL, Andi Basrul.

Leonardo DiCaprio juga terpukau dengan keindahan hutan Taman Nasional Gunung Leuser di SP Ketambe. Pemain film Revenant itu beserta kedua rekannya juga berhasil mendengar suara rangkong, dan spesies burung lainnya.

Adrien Brody (gunungleuser.or.id)

"Siapapun yang masuk kawasan konservasi, yang penting tetap mengikuti prosedur dengan mengurus perizinan sesuai peraturan yang berlaku," lanjutnya.

Seperti diketahui, selain aktor, Leonardo DiCaprio juga dikenal sebagai aktivis lingkungan yang gencar mengkampanyekan perubahan iklim. Sahabat Kate Winslet ini pun mendirikan yayasan yang mendukung kegiatan konservasi di seluruh dunia.

Ia sudah membantu konservasi di Taman Nasional Bukit Tiga Puluh dan hutan Aceh. Saat ini, salah satu negara yang menjadi konsentrasi Leonardo DiCaprio adalah Indonesia, lantaran memiliki keragaman hayati yang sangat tinggi. Ia pun tersentak ketika mengetahui lahan seluas 2 hektar di hutan mengalami kebakaran tahun lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini