Sukses

Waldjinah Diberi Amplop oleh Jokowi, Apa Isinya?

Saat menerima amplop tersebut, Waldjinah tak henti-hentinya menangis di atas panggung.

Liputan6.com, Jakarta Masetro keroncong Waldjinah menceritakan momen penting dalam karier musiknya yang terjadi baru-baru ini. Ia, mendapat penghargaan Tanda Tresno dari Presiden Joko Widodo dalam acara "Pekan Keroncong Indonesia" di Graha Bhakti Budaya Kompleks Taman Ismail Marzuki, Jakarta, baru-baru ini.

"Pas saat itu, aku nangis terus di panggung, atiku keronto-ronto (terharu). Para sinden-sinden dan penyanyi keroncong yang hadir menyanjung saya, " ucap Waldjinah saat ditemui di kediamannya, Mangkuyudan, Solo, Rabu (13/4/2016)

Waldjinah merayakan ultah ke-70, Sabtu (7/11/2015). (foto: Reza Kuncoro/Liputan6.com)

Dalam kesempatan itu, Jokowi memberikan karangan bunga dan amplop putih untuk Waldjinah. Amplop ini ternyata berisi satu hal yang spesial untuk Waldjinah, yakni surat yang ditulis langsung oleh sang Presiden lengkap dengan tanda tangannya. "Ibu Waldjinah, terima kasih atas totalitasnya mengabdi dan menjaga kebudayaan Indonesia, " tulis Jokowi dalam ucapan di atas selarik kertas tersebut.

Dalam pemberian penghargaan ini, Jokowi sempat berbicara dengan Waldjinah. Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Waldjinah atas dedikasinya mengangkat dan mempopulerkan keroncong hingga ke luar negeri.

"Pak Jokowi ngendiko (berbicara) gini, 'Saya seneng Ibu sudah sembuh. Terima kasih Ibu sudah melestarikan dan mengangkat keroncong hingga ke luar negeri', " kata Waldjinah menirukan Jokowi.

Penyanyi keroncong senior Waldjinah, menunjukkan sepucuk surat dari Presiden Joko Widodo (Reza Kuncoro)

Sebelum Jokowi, Waldjinah juga pernah mendapatkan penghargaan dari Presiden Indonesia yang lain pada tahun 1965. Kala itu perempuan kelahiran 7 November 1945 ini menjadi juara pertama Bintang Radio Indonesia. "Itu yang kasih penghargaannya Pak Karno, " tutur Waldjinah. (Reza Kuncoro/Rtn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.