Sukses

Battle Genre di Top 4 Dangdut Academy 3, Siapa Paling Unggul?

Ical (Majene), Weni (Pontianak), Irsya (Bandung), dan Rani (Kutai Kartanegara) harus menyanyikan dua lagu dari pecahan genre musik dangdut.

Liputan6.com, Jakarta Konser Final Top 4 Dangdut Academy 3 berlangsung dengan tensi tinggi. Di konser yang digelar pada Kamis (21/4/2016) malam, empat akademia tersisa bertarung untuk tantangan Battle Genre Dangdut yang sudah dipilih. Ical (Majene), Weni (Pontianak), Irsya (Bandung), dan Rani (Kutai Kartanegara) harus menyanyikan dua lagu dari pecahan genre musik dangdut.

Dibuka dengan battle di genre Rock-Dut yang mempertemukan Ical dan Weni. Ical menyanyikan lagu Setan Pasti Kalah milik H. Rhoma Irama. Meski tampil penuh energi, karakter suara Ical dinilai juri tamu asal Malaysia, Mas Idayu, terdengar loose dan groove-nya kurang. Sementara Weni yang menyanyikan lagu Erie Suzan, Satukan Cinta mendapat pujian dari Inul Daratista. Penjiwaan pada lagu menyatu dengan nada tinggi bagus. Di genre ini, Weni mendapat penilaian lebih baik dengan unggul 3 poin dan Ical 2 poin.

Meski tersenggol, Ical masih diberi kesempatan pada babak Wild Card untuk menjadi jawara dangdut. (Andy Masela/Bintang.com)

Untuk genre kedua, Dangdut Progresif, Rani tampil kurang baik lewat lagu Merpati Putih. Namun Iis Dahlia tidak melihat kekurangan karena cengkok progresifnya cukup dapat. Lawan Rani di genre ini, Irsya, membawakan lagu Sendiri. Bunda Hetty Koes Endang memuji artikulasi Irsya yang jelas. Penampilan keseluruhan Irsya disebut jauh lebih bagus dibanding Rani. Irsya pun menang telak dengan 5 poin, dan Rani sama sekali tidak mendapat angka.

Genre selanjutnya adalah Dangdut Melayu. Irsya yang sebelumnya berjaya di Dangdut Progresif, sayangnya tak dapat mengulangi. Membawakan lagu Gadis Melayu, Irsya yang mendapat pujian dari Bunda Rita Sugiarto karena penampilannya tidak berlebihan kali ini mendapat 2 poin. Saingannya, Ical yang menyanyikan lagu Renungkanlah unggul tipis dengan 3 poin. Ical sendiri mendapat komentar positif dari Mas Idayu soal pitch control dan dinamika lagu.

 

Dangdut Klasik menjadi genre terakhir yang harus ditampilkan Weni dan Rani. Weni menyanyikan lagu Perih, tampil sedikit menurun. Menurut Iis Dahlia, Weni salah di bagian awal dengan tempo lagu yang terdengar kurang pas. Disisi lain, Rani tampil nyaris sempurna dengan lagu Payung Hitam-nya. Meski begitu, Bunda Hetty sedikit mengkritik pemenggalan lirik yang kurang pas. Di genre ini, Rani akhirnya sukses mendapat 4 poin, sementara Weni hanya 1 poin.

Dalam konser result final Top 6 dari grup 2, D'Academy 3 Indosiar yang digelar tadi malam Kamis (7/4) Weni berhasil unggul. Sedangkan Ical, penampilannya menurun membuatnya tersenggol. (Andy Masela/Bintang.com)

Di penghujung konser, host juga mengumumkan data polling SMS terakhir di malam pertama. Jika di awal konser, Ical memuncaki klasemen, namun di penutup Weni bisa menyalip dengan raihan 30,9%. Ical turun ke posisi runner-up dengan 28,2%. Menguntit diperingkat 3 ada Irsya dengan 22,5%. Sementara Rani menjadi juru kunci dengan hanya raihan 18,4%.

Konser Result Top 4 Dangdut Academy akan kembali digelar Indosiar pada Jumat (22/4/2016) atau malam ini mulai pukul 18.30 WIB. Pastikan akademia jagoan anda tidak akan tersenggol dan bisa lolos ke Final 3 dengan cara kirim SMS, ketik DA (spasi) nama peserta, lalu kirim ke 97288.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini