Sukses

Dianggap Menghibur, Film Horor Green Room Panen Pujian Kritikus

Mengusung genre horor-thriller, Green Room ternyata menuai banyak pujian saat tayang di Festival Film Cannes 2015 lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Film bertajuk Green Room bakal mengisi bursa genre horor thriller Hollywood pada tahun ini. Meski judulnya terdengar asing, banyak pujian yang dituai oleh para pengamat film seluruh dunia setelah tayang di Festival Film Cannes 2015 pada 17 Mei 2015.

Setahun setelah debut yang sukses di Cannes dan dibawa berkeliling ke sejumlah festival dunia, Green Room akhirnya dirilis di sejumlah negara sejak akhir April lalu. Lagi-lagi, film ini kembali mendapat pujian dari para kritikus. Di Indonesia, film ini dijadwalkan tayang pada 18 Mei 2016. 

Sebelum menelusuri komentar-komentar mengenai film ini, ada baiknya kita mengenal Green Room terlebih dahulu. Disutradarai oleh Jeremy Saulnier, kisah Green Room berpusat pada band punk yang mendapat pengampunan dari seorang neo-Nazi skinhead setelah menyaksikan pembunuhan di klub kecil Pacific Northwest.

Film Green Room. (wp.com)

 

Pujian salah satunya dilontarkan oleh IGN yang memberi Green Room skor 9 dari 10. Menurut pihak tersebut, film ini sama briliannya dengan Blue Ruin yang juga diarahkan Jeremy Saulnier. Satu band melawan supremasi kulit putih dengan banyaknya unsur kekerasan dinilai menjadi daya tarik utama film ini.

Pengamat dari Variety, Guy Lodge, menyebut Green Room sebagai film horor-thriller terpencil yang tajam secara teknis. Namun, ia menyebut bahwa di dalam film ini tidak ada unsur kemanusiaan sama sekali.

Film Green Room. (collider.com)

Sementara Leslie Felperin dari The Hollywood Reporter menyebutnya sebagai film yang sangat menghibur. Namun, ia mencatat bahwa masih banyak hal yang tidak tertib, tidak 100 persen asli, dan kurang mengesankan ketimbang Blue Ruin.

Kalau kita menelusuri Rotten Tomatoes, sampai tulisan ini diangkat, terdapat 169 pengamat yang menulis ulasan Green Room. Sebanyak 152 memberi film ini 'tomat segar' alias skor positif. Sementara, hanya 17 yang memberinya 'tomat busuk', memberikan film ini skor 90 persen. Sebanyak 250-an audiens yang sudah menonton juga memberikan poin hingga menghasilkan skor 80 persen dengan rating rata-rata 3,9 dari 5.

Film Green Room. (New York Times)

Sementara itu, pengamat di situs Metacritic yang mengulas film ini, menghasilkan poin 79 persen dari 42 tulisan. Para pengguna umum yang berjumlah 39 orang, ikut memberikan poin hingga menghasilkan skor 7,8.

Saat diputar di Festival Film Internasional Toronto 2015, film ini menempati urutan ketiga dalam pemungutan suara audiens untuk mendapatkan piala di Grolsch People's Choice Midnight Madness Award.

Green Room dibintangi oleh aktor-aktor top dan berpengalaman, seperti Anton Yelchin, Imogen Poots, Alia Shawkat, Joe Cole, Callum Turner, dan Patrick Stewart.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.