Sukses

6 OST Film yang Bikin Penonton Tak Bisa Move On

Beberapa lagu yang menjadi soundtrack film ini rupanya menjadi fenomenal, terus terngiang di telinga pendengar. Apa sajakah itu?

Liputan6.com, Jakarta Beberapa lagu hit dunia tercatat juga sebagai original soundtrack beberapa film box office. Lirik lagu soundtrack biasanya terinspirasi dari cerita dalam suatu film dan dianggap pas untuk menggambarkan subyek cerita dan beberapa adegan di dalam film.

Baca Juga

Kemasannya bisa merupakan lagu yang baru dibuat khusus untuk keperluan film, atau bisa juga diambil dari khasanah lagu yang sudah lebih dulu dirilis dan ngetop. Biasanya bisa tambah terkenal ketika dimasukkan sebagai original soundtrack sebuah film.

Bahkan, popularitas soundtrack ada kalanya yang melebihi film. Dalam hal ini, Liputan6.com merangkum beberapa soundtrack yang menjadi fenomenal, terus terngiang di telinga penonton. Apa sajakah itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

I Will Always Love You

I Will Always Love You

I Will Always Love You memang menjadi lagu paling romantis sepanjang masa sebagai soundtrack film The Bodyguard yang tayang 1992 silam. I will Always Love You sebenarnya adalah lagu yang ditulis 1973 silam oleh Dolly Parton, tapi dinyanyikan kembali oleh Whitney Houston yang juga bermain dalam film The Bodyguard.

I Will Always Love You menceritakan tentang perpisahan yang pahit. Ucapan selamat tinggal terpaksa dilakukan meski rasa cinta masih sangat besar. Namun setiap langkah yang diambil, bayangan akan pujaan hati tidak akan pernah hilang.

I Will Always Love You masuk dalam daftar Billboard 100 tak lama setelah dirilis. Bahkan, I Will Always Love You tercatat sebagai lagu dengan penjualan terbaik sepanjang masa.

3 dari 7 halaman

My Heart Will Go On

My Heart Will Go On

Celine Dion menyanyikan lagu "My Heart Will Go On" yang dirilis 1997 silam, menjadi soundtrack film Titanic. Musik lagu ini digubah oleh James Horner, dan liriknya dikarang oleh Will Jennings.

"My Heart Will Go On" menceritakan tentang kesempatan datangnya cinta. Saat telah `dipersilahkan masuk`, cinta akan sulit untuk berpaling dan tetap setia. Meski pujaan hati telah pergi, cinta ini akan tetap bersemayam di hati.

Tak lama diluncurkan, "My Heart Will Go On" langsung menempati puncak tangga lagu di seluruh dunia, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Irlandia, Britania Raya, dan Australia.

Bahkan, My heart Will Go On dianggap sebagai salah satu lagu terlaris yang dinyanyikan Celine Dion, tercatat single tersukses di tahun 1998.

4 dari 7 halaman

I Don't Want to Miss a Thing

I Don't Want to Miss a Thing

"I Don't Want to Miss a Thing" merupakan lagu yang dibawakan Aerosmith, dirilis 1998 silam sebagai soundtrack "Armageddon". Lagu ini ditulis oleh Diane Warren.

Lagu ini menceritakan tentang rasa cinta yang besar terhadap pujaan hati. Meski sedetik, rasanya tak ingin berpaling. Bahkan, hanya sekedar berkedip saja membuat rindu makin besar. Semua waktu yang dihabiskan bersama menjadi mimpi indah yang menjadi kenyataan.

Tak lama dirilis, "I Don't Want to Miss a Thing" masuk dalam tangga lagu ternama Billboard Hot 100, untuk pertama kalinya bagi Aerosmith setelah bersama 28 tahun bersama saat itu. Bahkan, lagu itu tercatat sebagai lagu dengan penjualan terbaik pada 1998 silam.

5 dari 7 halaman

Skyfall

Skyfall

Soundtrack James Bond Skyfall dengan judul lagu yang sama dinyanyikan oleh karakter vokal yang kuat dari Adele dan dirilis 2012 silam. Lirik lagunya ditulis oleh Adele sendiri, dan diproduseri oleh Paul Epworth serta menampilkan orkestrasi dari J. A. C. Redford.

Perusahaan film Eon Productions mengundang Adele untuk membuat lagu tema pada awal 2011, dan Adele menerima tugas tersebut setelah membaca naskah film tersebut. Saat menggubah lagu, Adele dan Epworth mencoba menangkap suasana dan gaya film James Bond, seperti lirik yang gelap dan murung yang mendeskripsikan kisah film tersebut.

Belum lama dirilis, lagu "Skyfall" langsung mencapai posisi puncak tangga lagu iTunes, dan mencapai peringkat kedua dalam UK Singles Chart dan kedelapan dalam Billboard Hot 100. Lagu merupakan soundtrack Bond pertama yang berhasil membawa pulang Golden Globes, Brit Awards dan Academy Awards.

6 dari 7 halaman

Let It Go

Let It Go

"Let It Go" merupakan soundtrack film animasi Frozen yang dinyanyikan Demi Lovato, dan dirilis 2013 silam. Irama dan lirik lagu itu penuh semangat dan pas untuk menggambarkan perjalanan hidup Queen Elsa, yaitu tentang mengungkapkan siapa dirimu sesungguhnya.

Selain itu, lagu dari Demi Lovato tersebut juga mengajarkan rasa percaya diri yang harus dimiliki setiap orang. Masa lalu yang pernah singgah di dalam hidup harus bisa dilupakan demi hari yang lebih baik.

Lirik lagu "Let It Go" ditulis oleh Kristen Anderson-Lopez dan Robert Lopez. Tak lama dirilis pada 2013 silam, album OST Frozen berada di posisi pertama Billboard 200.

Prestasi yang diraih lagu tema Frozen itu tampaknya meningkat seiring suksesnya pemutaran film tersebut di bisokop di dunia. Hebatnya, lagu ini telah diisi suara ke 25 bahasa dan dialek lain di seluruh dunia. Sementara untuk versi filmnya sendiri, diisi suara ke 42 bahasa dan dialek.

7 dari 7 halaman

Happy

Happy

Pharrell Williams meminjamkan suaranya untuk lagu "Happy" yang rilis 2013 silam, sebagai soundtrack Despicable Me 2. Sesuai dengan judulnya, Happy (Senang) memiliki melodi yang nge-beat, membuat penonton ikut bergoyang.

Lirik lagu "Happy" menceritakan tentang perasaan senang yang harus dimiliki setiap orang. Tak peduli dengan masalah yang hadir atau omongan negatif yang datang, kebahagian itu membuat hidup lebih berwarna.

Tak lama dirilis, Happy tak hanya menguasai industri musik di Amerika tapi Inggris. Bahkan, lagu Pharrell Williams itu membawa pulang Grammy Awards ke-57. Selain itu, videoklip Happy juga menyabet The Best Male Video dan Video of the Year di MTV Video Music Awards 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.