Sukses

Ada yang Beda di Q Academy Tahun Ini

Dikemas secara seru dan meriah, Q Academy siap menyambut sekaligus mengisi malam-malam Ramadan para pemirsa setianya.

Liputan6.com, Jakarta Qur'an Academy atau disingkat Q Academy kembali hadir di Indosiar. Q Academy adalah sebuah ajang kompetisi pencarian bakat yang menantang pesertanya menyuguhkan lantunan lagu-lagu bernafaskan Islami. Dikemas secara seru dan meriah, Q Academy siap menyambut sekaligus mengisi malam-malam Ramadan para pemirsa setianya.

[Foto:  Resi Destanti peserta Audisi Q Academy]

Ramadan tahun ini, Q Academy sudah memasuki tahun kedua. Namun, ada beberapa perubahan dilakukan di musim keduanya. Salah satunya adalah kriteria peserta. Jika tahun lalu, Q Academy berisi peserta dari grup musik seperti nasyid, kasidah, dan gambus, tahun ini Q Academy menggantinya dengan penyanyi solo atau duo.

Selain itu, kompetisi yang tahun lalu dimenangkan grup gambus dari Jakarta, Syubbanul Akhyar ini juga sudah mengadakan audisi terbuka di tiga kota besar yakni Jakarta, Medan, dan Surabaya pada 14 Mei 2016. Sebelumnya, audisi juga dilakukan secara online melalui saluran berbagi video Vidio.com, mulai 11 April hingga 11 Mei 2016.

Sistem penjurian babak 20 besar yang sudah dimulai Senin (30/5/2016) malam, masih menentukan peserta lolos ke babak selanjutnya berdasarkan data polling SMS yang dikumpulkan selama dua hari penampilan oleh masing-masing grup.

Babak 20 besar sendiri membagi 20 peserta ke dalam 5 grup, di mana dua peraih SMS tertinggi akan langsung lolos ke babak Ramadan. Penentuan peserta lolos ke babak selanjutnya disebut dengan istilah 'sah', sementara yang tereliminasi dinyatakan 'batal'.

Peserta berselfi saat menunggu giliran dalam audisi Q Academy di studio 1 Indosiar, Jakarta, Sabtu (14/5). Menjelang bulan Ramadhan, Indosiar mengadakan pencarian bakat dalam hal dunia tarik suara melatunkan lagu-lagu Islami. (Liputan6.com/Gempur M Surya)

Q Academy 2016 dipandu oleh Irfan Hakim, Andhika Pratama, dan Ramzi. Sebagai juri, tampil Opick, Tompi, Krisdayanti, Hetty Koes Endang, Nassar dan Ivan Gunawan. Q Academy mulai tayang 30 Mei 2016, setiap hari pukul 18.30 WIB khusus untuk babak 20 besar. Namun, untuk babak 16 besar atau Babak Ramadan akan ditayangkan mulai pukul 19.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini