Sukses

6 Soundtrack Ini Lebih Terkenal dari Filmnya

Dibuat untuk mendukung, tapi lagu-lagu ini malah lebih populer dan tak lekang jaman dibanding film-filmnya.

Liputan6.com, Jakarta Film yang bagus biasanya didukung oleh musik yang hebat, dan lagu tema atau original soundtrack yang keren. Entah karena lagu dengan lirik menyayat hati, atau musik yang menghentak sehingga membuat penonton terpacu adrenalinnya. Intinya lagu tema atau soundtrack itu bisa membingkai cerita atau menggambarkan tokoh utama dalam film. 

Dan, uniknya, sejumlah soundtrack film bisa lebih terkenal dari filmnya sendiri. Dan, beberapa lagu-lagu tema film itu masih dikenang sampai sekarang sebagai sebuah everlasting song. Apa saja?

Dan, Liputan6.com sudah pilihkan 6 soundtrack tersebut. Mungkin beberapa di antaranya adalah lagu favorit Anda. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

I Will Always Love You

1. I Will Always Love You (1992)

Penyanyi: Whitney HoustonDari film: The Bodyguard

Lagu ini ditulis oleh Dolly Parton untuk filmnya The Best Little Whorehouse In Texas pada tahun 1975. Tapi baru ketika Whitney Houston menyanyikannya, di tahun 1992, lagu ini kemudian menjadi mega hit yang masih terkenal sampai sekarang.

Ingin membangun karir di dunia perfilman, mendiang Whitney Houston kemudian mendaurulang lagu country ini bersama musikus David Foster yang bertindak sebagai arranger dan produser musiknya.  Foster 'mengacak-acak' aransemen lagu ini sehingga rasa asli hilang dan menjelma layaknya lagu baru.

Film The Bodyguard yang dirils awal tahun 1990-an, jalan ceritanya hampir menyerupai kisah hidup diva ini. Bercerita tentang seorang penyanyi yang popularitasnya membuat dia membutuhkan pengawal (bodyguard)--diperankan oleh Kevin Costner. Lagu ini memecahkan rekor dengan mampu berada di posisi puncak lagu terlaris selama 14 minggu, di Amerika Serikat.

"I Will Always Love You" juga menjadikan film The Bodyguard memiliki penjualan soundtrack terlaris sepanjang masa, dan mendongkrak filmnya sampai meraih keuntungan US$ 400 juta, walaupun tak disukai banyak kritikus. Dan, lagu ini menjadi tembang sepanjang masa hingga kini. 

3 dari 7 halaman

I Don't Wanna Miss A Thing

2. I Don't Wanna Miss A Thing (1998)

Penyanyi: AerosmithDari Film: Armageddon

Film tentang kehancuran bumi Armageddon memang tak bisa dibilang tidak laris. Film yang dibintangi Bruce Willis, Ben Affleck, dan Liv Tyler ini merupakan film terlaris di tahun 1998.

Awalnya, band Irlandia, U2-lah yang diminta untuk menyanyikan lagu ini. Ide lagu ini dibawakan oleh Aerosmith baru tercetus setelah Liv Tyler--putri sang vokalis Stephen Tyler--terpilih sebagai salah satu pemeran utama di film ini.

Lagu ini diiringi dengan 52 pemain orkestra, dan merupakan lagu Aerosmith dengan produksi terbesar. "I Dont't Wanna Miss A Thing" juga membawa Aerosmith ke puncak lagu terlaris untuk pertama kalinya, dan mampu bertahan sampai empat minggu.

Lagu ini juga memperpanjang gelar Aerosmith sebagai band terhebat di tahun 1990-an. 

4 dari 7 halaman

Never Say Never

3. Never Say Never (2010)

Penyanyi: Justin BieberDari film: The Karate Kid

Inilah theme song resmi film The Karate Kid. Film ini sejatinya remake dari film di tahun 1980an yang melejitkan bintang Ralph Macchio. Dibuat ulang pada tahun 2010, dengan pemeran utama Jaden Smith. Lagu ini dibawakan oleh Justin Bieber dan Jaden--putra aktor kawakan Will Smith yang saat itu baru berusia 11 tahun.

Berbeda dengan lagu-lagu Justin sebelumnya kala itu yang kebanyakan berbicara tentang cinta monyet, lagu ini lebih serius dan bermakna. Liriknya dibuat untuk menginspirasi agar lebih sesuai dengan filmnya.

Namun karena dibawakan oleh Justin Bieber (walaupun juga menampilkan Jaden) lagu ini menjadi lebih populer filmnya yang juga masuk daftar box office. Nama Bieber yang sedang di puncak popularitas sebagai bintang remaja saat itu membuat film The Karate Kid sendiri kesulitan menyamai ketenaran lagu temanya.

5 dari 7 halaman

Happy

4. Happy (2013)

Penyanyi: Pharrel WilliamsDari film: Despicable Me 2

Menulis lagu "Happy" ini bukan perkara mudah bagi Pharrell Williams. Ini karena produser ternama ini menginginkan lagu yang akan membuat siapapun yang mendengarnya merasa happy (bahagia). Lagu "Happy" benar-benar diciptakan dan ditulis oleh Pharrell sendiri, berbeda dengan kebanyakan lagu zaman sekarang yang seringnya dibuat oleh tim.

Dalam film lagu ini ditampilkan pada momen penting, saat sang pemeran utama Gru jatuh cinta dan merasa sangat bahagia. Pharrell yang pernah menulis lagu untuk Gwen Stefani, Robin Thicke, Daft Punk, dan Snoop Dog ini mengatakan, rasa bahagia yang dirasakan Gru sungguh besar sampai membuatnya menari-nari di jalan.

"Rasa bahagia seperti itu sangat menular, kamu tidak akan bisa merasa tidak bahagia." Perasaan itulah yang ingin diciptakan ulang oleh Pharrell dalam lagunya ini.

Tak heran kemudian lagu ini dibawakan dimana-mana di seluruh dunia. Dan berhasil membawa suami dari model Helen Lasichanh ke puncak teratas daftar lagu terlaris. 

6 dari 7 halaman

Lost Stars

5. Lost Stars (2013)

Penyanyi: Adam LevineDari film: Begin Again

Dibawakan oleh vokalis Maroon 5 membuat lagu "Lost Stars" masuk ke jajaran lagu laris--sesuatu yang tidak bisa dicapai oleh filmnya yang lebih bernapaskan indie.

Gregg Alexander, salah satu penulis lagu ini mengatakan, "Tujuan kami adalah agar setiap lirik dan sentimen dalam lagu ini bisa membentuk ceritanya sendiri."

Dia kemudian juga menambahkan bahwa ini adalah salah satu tembang tersedih yang pernah ditulisnya. Penyanyi yang lebih dikenal dengan nama New Radicals ini kemudian mengatakan, dia terpaksa mengubah melodi dan kunci lagu ini agar lebih riang.

Tapi karena liriknya yang sedih itu juga yang membuat lagu ini jadi sangat populer dan selalu diputar di radio-radio. Kemudian dimasukkan ke dalam album kelima Maroon 5, V, membuat banyak orang tidak tahu bahwa lagu ini adalah soundtrack dari sebuah film berjudul Begin Again yang dibintangi oleh Keira Knightley, Mark Ruffalo, dan Adam Levine sendiri.

Keindahan lagu ini juga menghadiahi filmnya satu-satunya nominasi Oscar untuk kategori Lagu Asli Terbaik

7 dari 7 halaman

Dealova

6. Dealova (2005)

Penyanyi: OnceDari film: Dealova

Once Mekel (dok. istimewa)

Dibawakan oleh mantan vokalis Dewa 19, Elfonda Mekel alias Once, lagu pengiring film yang diangkat dari novel berjudul sama ini merajai tangga lagu Tanh Air, satu dekade lalu. Ditulis oleh Opick, Once membawakan lagu ini sambil diiringi oleh Victorian Philharmonic Orchestra.

Film yang diangkat dari novel karya Dyan Nuranindya ini dibintangi oleh Jessica Iskandar, Evan Sanders, dan Ben Joshua. Filmnya sendiri tidak terlalu terkenal. Tapi, tembang Dealova menjadi ikonik dan identik dengan sosok Once. Sampai sekarang, lagu itu masuk ke jajaran everlasting song. Setuju?

 

 

 

 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.