Sukses

Kenalkan, Ini Para Bintang Abad Kejayaan 2: Kösem

Abad Kejayaan 2: Kösem adalah sekuel dari serial Turki sukses, Abad Kejayaan.

Liputan6.com, Jakarta Abad Kejayaan 2: Kösem sudah tayang di SCTV sejak Rabu, 1 Juni 2016 lalu. Serial ini adalah sekuel dari serial Turki sukses, Abad Kejayaan. Meski berselisih empat tahun dengan pendahulunya, namun ada benang merah antara keduanya. Yakni, sama-sama mengetengahkan cerita tentang sepak terjang wanita paling berpengaruh dalam Kekaisaran Ottoman.

Jika di Abad Kejayaan ada Hurrem Sultan, Abad Kejayaan 2 punya Kösem Sultan.

 Abad Kejayaan 2: Kösem (IMDb)

Kösem Sultan juga dikenal sebagai Mahpeyker Sultan, namanya setelah masuk Islam. Awalnya, ia seorang gadis Yunani bernama Anastasia yang diambil paksa dari keluarganya. Ia lantas dibawa ke Istambul sebagai hadiah dari ibu suri Safiye untuk pengangkatan Pangeran Ahmed I, Raja Ottoman.

Kösem Sultan lalu menjadi selir, yang lantas menjadi istri Sultan Ahmed I. Ia adalah ibu dari empat orang sehzade, atau pangeran, dan empat orang putri. Kösem Sultan adalah salah satu wanita paling kuat dalam sejarah Ottoman, yang berada di tengah kekacauan politik setelah suaminya mangkat.

Kösem Sultan juga menjadi Valide Sultan, atau gelar untuk ibu suri dari sultan, sebanyak dua kali. Ia merupakan Valide terkuat di sepanjang sejarah Ottoman.

Anastasia alias Mahpeyker atau Kösem Sultan, diperankan oleh dua orang aktris. Pertama, artis remaja asal Yunani, Anastasia Tsilimpiou sebagai Anastasia muda. Saat dewasa, peran ini dimainkan artis wanita termahal Turki saat ini, Beren Saat. Selain Kösem Sultan, berikut kami ulas beberapa karakter penting dan pendukung di serial Abad Kejayaan 2: Kösem.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Sultan Ahmed I dan Safiye Sultan

Sultan Ahmed I

Sultan Ahmed I diperankan oleh aktor muda Turki kelahiran 21 Juni 1992, Ekin Koç. Sultan Ahmed I adalah putra dari Sultan Mehmed III. Ia cucu Sultan Murad III, cicit Sultan Selim II, dan canggah (cucu dari cucu) dari Sultan Süleyman. Sultan Ahmed I merupakan Sultan ke-14 dari Kekaisaran Ottoman.

Kosem Hulya Avsar (IMDb)

Safiye Sultan

Diperankan oleh aktris senior Turki, Hülya Avsar. Safiye Sultan adalah istri Sultan Murad III dan Valide dari Sultan Mehmed III. Dia juga merupakan nenek Sultan Ahmed I. Safiye Sultan mempunyai gelar Haseki sebagai penerus kedudukan Hürrem Sultan dan Nurbanu Sultan.

 

3 dari 6 halaman

Handan Sultan dan Halime Sultan

Handan Sultan

Diperankan oleh aktris Tulin Özen. Handan Sultan adalah selir Sultan Mehmed III yang juga merupakan Valide (ibu kandung) dari Sultan Ahmed I.

Halime Sultan (IMDb)

Halime Sultan

Diperankan oleh aktris Aslıhan Gürbüz. Halime Sultan juga adalah selir Sultan Mehmed III. Ibu dari Şehzade Mahmud (kakak Sultan Ahmed I yang dieksekusi), dan juga adik-adik Sultan Ahmed I yang lainnya yaitu Dilruba Sultan dan Şehzade Mustafa (adik bungsu Sultan Ahmed I yang batal dijatuhi eksekusi).

4 dari 6 halaman

Darviş Mustafa Paşa dan Fahriye Sultan 

Darviş Mustafa Paşa

Diperankan oleh aktor Mehmet Kurtulus. Darviş Paşa adalah orang kepercayaan Sultan Ahmed I. Ia juga suami dari Fahriye Sultan.

Gulcan Arslan dalam Abad Kejayaan 2: Kosem (IMDb)

Fahriye Sultan

Diperankan oleh aktris Gülcan Arslan. Fahriye Sultan adalah putri dari Safiye Sultan. Itu berarti ia adalah bibi dari Sultan Ahmed I. Fahriye merupakan istri Darviş Paşa, walaupun ia juga mempunyai hubungan dengan Mehmed Giray Khan.

 

5 dari 6 halaman

Mehmed Giray Khan dan Çennet Kalfa

Mehmed Giray Khan

Diperankan oleh aktor Kadir Doğulu. Mehmed Giray adalah seorang Pangeran Krimea yang menjadi Han atau Penguasa Krimea di masa pemerintahan Sultan Ahmed I. Ia juga merupakan cinta dari Fahriye Sultan. Mehmed Giray bersaudara dengan Şahin Giray Khan, Pangeran Krimea lainnya yang berambisi menggeser tahta Sultan Ahmed I.

 

Çennet Kalfa

Diperankan oleh aktris Esra Dermancioğlu. Çennet Kalfa adalah seorang Pengawas di Harem (istana para selir Sultan) yang nantinya akan menjadi Bendahara Harem. Orang kepercayaan Safiye Sultan ini kemudian berada di sisi Kösem Sultan selama berkuasa.

6 dari 6 halaman

Zulfikar Ağa dan Iskender

Zulfikar Ağa

Diperankan oleh aktor Mete Horozoglu. Zulfikar adalah Kepala Pasukan Janissari (satuan elit militer Kekaisaran Ottoman) yang nantinya akan menjadi Penjaga Kamar Pribadi Sultan Ahmed I.

Abad Kejayaan 2: Kösem (IMDb)

Iskender

Diperankan oleh aktor Berk Cankat. Iskender adalah seorang anggota Janissari yang menyukai Kösem Sultan. Iskender bernama asli Alexandro atau Andro. Ia pertama bertemu Anastasia saat melarikan diri dari kejaran pengawal istana. Di perkembangan ceritanya, Iskender kemudian jadi orang yang dekat dengan Sultan Ahmed I.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.