Sukses

Hermione Kulit Hitam di Teater Harry Potter Memicu Perseteruan

Pentas teater Harry Potter kembali dibicarakan setelah J.K. Rowling membela pemeran Hermione yang berkulit hitam.

Liputan6.com, Los Angeles - Pentas teater Harry Potter and the Cursed Child yang akan diadakan di The Palace Theater, London, telah dilengkapi oleh daftar pemainnya. Dari beberapa karakter dan pemain, terselip nama aktris kulit hitam Noma Dumezweni sebagai Hermione Granger.

Seperti diketahui, kedatangan Noma sebagai Hermione menimbulkan kekecewaan dari banyak penggemar. Namun begitu, J.K. Rowling yang merupakan pencipta novel-novel asli Harry Potter, dikabarkan mendukung semua pemain termasuk Noma, seperti diungkapkan Vanity Fair, Minggu (5/6/2016).

Selain handal bercerita, JK Rowling juga bijaksana.

 

"Dengan pengalaman saya di media sosial, saya berpikir kalau para idiot itu akan bertindak bodoh," ucap Rowling kepada Observer "Tapi apa yang bisa kalian katakan? Itulah kenyataan di dunia ini. Noma dipilih karena dia adalah aktris terbaik untuk pekerjaan tersebut."

Pernyataan Rowling tersebut berpotensi menimbulkan perseteruan dengan beberapa penggemar. Pasalnya, masyarakat awam yang bukan penggemar saja banyak yang heran dengan dipilihnya Noma sebagai Hermione.

Noma Dumezweni sendiri memang tak terlalu dikenal di kalangan masyarakat Amerika Serikat. Namun, pengalamannya di panggung Inggris tak perlu ditanya lagi. Ia pernah memenangkan Olivier Award pada 2006 berkat perannya dalam drama Raisin in the Sun.

Para pemain utama pentas Harry Potter. (thestage.co.uk)

Pada akhirnya, Noma Dumezweni menjadi aktris yang dianggap sesuai untuk memerankan Hermione versi panggung. Rowling juga melanjutkan bahwa dirinya sempat mengalami kesulitan atas transisi ras Hermione tersebut.

"...Itu menimbulkan banyak kesulitan. Tapi saya memutuskan untuk tidak terlalu gelisah tentang hal ini dan hanya menyatakan cukup tegas bahwa Hermione bisa menjadi wanita kulit hitam dengan restu dan antusiasme saya yang mutlak," ucapnya.

Emma Watson berperan sebagai Hermione Granger dalam kisah Harry Potter

J.K. Rowling bukanlah satu-satunya tokoh besar dari franchise Harry Potter yang mendukung Noma Dumezweni di pentas Harry Potter and the Cursed Child. Emma Watson, aktris pemeran Hermione di dalam film, turut menanggapi positif kehadiran Noma. "Tak sabar untuk melihat Noma Dumezweni sebagai Hermione di panggung tahun ini," kutip Emma Watson lewat Twitter.

Harry Potter and the Cursed Child sendiri merupakan kisah kedelapan Harry Potter yang tak diadaptasi menjadi sebuah film. Kisah tersebut akhirnya diangkat ke atas panggung sandiwara. Beberapa pemain lain yang terlibat adalah Jamie Parker sebagai Harry Potter dan Paul Thornley sebagai Ron Weasley.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.