Sukses

Dituduh Plagiat, Beyonce Hadapi Tuntutan

Apakah Beyonce mencuri ide untuk Lemonade dari orang lain? Itulah klaim yang muncul dalam sebuah tuntutan yang didaftarkan hari Rabu lalu.

Liputan6.com, Jakarta Beyonce menunjukkan eksistensi dengan album terbaru Lemonade, disebut sebagai curahan hati sang diva. Namun kabar tak sedap menghampiri karya baru Beyonce.

Apakah Beyonce mencuri ide untuk Lemonade dari orang lain? Itulah klaim yang muncul dalam sebuah tuntutan yang didaftarkan pada 8 Juni 2016.

Di dalam tuntutan itu, seorang pembuat film asal North Carolina, AS, Matthew Fulks, mengklaim bahwa trailer album baru Beyonce Lemonade mencuri ide dari film pendek miliknya yang berjudul "Palinoia."

Peluncuran album Lemonade ini juga didukung oleh tayangan di HBO. (Sumber: NYMag)

Fulks menyatakan dia menyelesaikan Palinoia pada tahun 2014. Dia juga mengatakan bahwa tim kreatif Beyonce memiliki akses pada film pendek buatannya itu.

Fulks menjelaskan bahwa dia pernah dihubungi untuk menyutradarai grup musik baru dari label Columbia. Dan karena itulah dia kemudian mengirimkan tautan ke film pendeknya. Orang-orang yang dikirimi tautan oleh Fulks ini salah satunya adalah Bryan Younce. Bryan Younce adalah pembuat video-video Beyonce, termasuk untuk album berjudul namanya sendiri pada 2013.

Lemonade ini merupakan album Beyonce yang menggunakan konsep visual.

Dalam tuntutan itu Fulks juga mengklaim bahwa pada bulan Juli 2015, Younce meminta alamat surel Fulks, dan kemudian mengirimkan pesan bahwa dia sudah menerima tautan dari Fulks.

Lima bulan kemudian, proses pembuatan Lemonade dimulai.

Melansir Hollywood Reporter, Kamis (9/6/2016), dalam tuntutan itu Fulks menyatakan bahwa trailer Lemonade secara substansial mirip dengan Palinoia. Kemiripan-kemiripan tersebut tidak ditemukan dalam tampilan visual saja, tapi juga elemen audio dan sekuens, tema, format, suasana, alur dan tempo, yang kesemuanya membuat kedua video tadi memiliki konsep dan rasa yang sama.

Dalam tuntutannya tersebut, Matthew Fulks meminta semua keuntungan yang berasal dari eksploitasi karyanya tadi. Termasuk juga dari penjualan album Lemonade milik Beyonce tersebut.(Nil/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini