Sukses

Ayah Marini Zumarnis Sudah 20 Tahun Mengidap Diabetes

Selain diabetes, ayah Marini Zumarnis juga mengidap penyakit ginjal.

Liputan6.com, Jakarta Ayah Marini Zumarnis, H. Zurmanis Zein meninggal dunia akibat penyakit komplikasi, Kamis (16/6/2016). Salah satu penyakit yang lama diidapnya adalah penyakit diabetes yang sudah puluhan tahun.

"Ayah sudah lama punya penykit gula (diabetes) sudah 20 tahun lebih, terus ada darah tinggi juga," ujar Marini Zumarnis ditemui usai pemakaman ayahnya di TPU Karet Bivak, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2016).

Marini Zumarnis dan ayahandanya (Marini Zumarnis/ Instagram)

Akibat mengonsumsi obat diabetes, ginjal Zumarnis Zein pun ikut bermasalah. Hal tersebut membuat kondisi kesehatan Zumarnis Zein semakin parah dan membautnya sering bolak-balik ke rumah sakit.

"Kemarin ginjalnya bermasalah, komplikasi. Dalam setahun ini ayah sudah mondar mandir rumah sakit, RSPAD dan Medistra. Itu dua rumah sakit yang biasa ayah saya dirawat," jelas Marini.

Namun sebelum menghembuskan nafas terakhir, Zumarnis Zein sulit makan. Selain itu, almarhum juga lebih banyak murung.

Marini Zumarnis tampak tak kuasa menahan kesedihan saat melihat jenazah ayahnya, Zumarnis Zein, di liang lahat TPU Karet Bivak, Jakarta, Jumat (17/6). Ayah Marini Zumarnis wafat pada usia 75 tahun karena komplikasi penyakit. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

"Kemarin aja aku enggak nyangka, ayah enggak mau makan, enggak nafsu makan beberapa hari ini, kebanyakan diam. Tapi kami nggak punya firasat apa-apa," kata Marini Zumarnis. 

Sementara itu, Marini Zumarnis mengungkap bahwa sebelum meninggal, sang ayah punya satu keinginan yang belum tercapai.

"Karena sudah umur semua, paling berharap adik saya cepat selesai kuliah dan menikah," ujar Marini Zumarnis. (Pur/fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.