Sukses

Aktor Hollywood Ini Larang Keluarganya Beribadah ke Masjid

Tekanan terhadap penduduk muslim Amerika, mendorong aktor Aziz Ansari melarang keluarganya beribadah ke masjid.

Liputan6.com, Jakarta Populasi penduduk muslim di Amerika memang tidak terlalu besar. Belum lagi, selalu ada praduga buruk yang menghantui penduduk beragama Islam di negeri Paman Sam ini. Hal itulah yang mendorong salah satu aktor Hollywood, Aziz Ansari, untuk melarang keluarganya beribadah ke masjid.

Dalam tulisannya untuk NYTimes, dikutip Senin (27/6/2016), Aziz Ansari menuliskan, "Jangan berada di mana pun yang dekat dengan masjid." Perkataan tersebut dia sampaikan pada ibunya. Aktor keturunan Tamil, India, ini mengatakan dia mengirimkan pesan singkat itu pada orangtuanya sesaat setelah terjadi pengeboman pada sebuah klub malam di Orlando.

Lewat tulisannya, Aziz Ansari juga menyampaikan, istilah "American moslem" seringnya diasosiasikan dengan para teroris yang sering ditampilkan di film-film.

Aziz Ansari pernah diteriaki teroris

"Di budaya kita, ketika orang berpikir 'muslim', gambaran yang ada di kepala mereka bukanlah pemenang penghargaan Nobel Perdamaian, Malala Yousafzai, (pebasket) Kareem Abdul-Jabbar, atau pemuda yang meninggalkan boyband One Direction. Gambaran mereka adalah karakter teroris menyeramkan yang ada di (serial TV) Homeland, atau monster-monster yang ada di tayangan berita," katanya.

Dalam esainya tersebut, aktor serial komedi Parks and Recreation ini juga mengatakan bahwa ketika menanggapi masalah tersebut, dirinya sebagai seorang aktor Hollywood lebih beruntung.

Nama Aziz Ansari mulai dikenal saat ia membintang serial TV Parks and Recreations besutan Amy Poehler.

"Ketika seseorang melihatku dengan aneh di jalan, itu biasanya karena mereka ingin berfoto denganku dan bukan karena berpikir aku ini teroris," tulis aktor 33 tahun ini.

Esai ini ditulis oleh Aziz Ansari, yang pernah diteriaki "teroris" oleh orang lewat, hanya karena ia sedang menyeberang jalan, untuk menanggapi kampanye kandidat calon Presiden AS, Donald Trump, yang cukup dikenal sebagai anti-muslim.

Selain berakting, aktor lulusan kampus bergengsi New York University ini juga telah menerbitkan buku berjudul Modern Romance: AN Investigation pada bulan Juni 2015.

Serial komedi yang ditulis, disutradarai, dan dibintangi oleh Aziz Ansari, Master of None, disebut serial komedi terbaik pada tahun 2015 oleh The New York Times. (Nil/Des)

Lihat juga para artis Bollywood yang jalankan ibadah puasa di bulan Ramadan:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.