Sukses

Dian Sastrowardoyo Seperti Membuat Skripsi Gara-gara Peran Ini

Memerankan tokoh Kartini, Dian Sastrowardoyo mengaku banyak melakukan riset.

Liputan6.com, Jakarta Dian Sastrowardoyo akan kembali menunjukkan kemampuan aktingnya dengan bermain dalam film Kartini garapan sutradara Hanung Bramantyo. Untuk memksimalkan aktingnya sebagai Kartini, ibu dua anak itu meriset semua yang berhubungan dengan pahlawan wanita Indonesia tersebut.

Salah satunya adalah dengan membaca buku tentang perjalanan hidup Kartini. Bagi Dian, memerankan tokoh Kartini membuat dirinya merasa seperti seorang mahasiswa yang sedang bergelut untuk membuat skripsi.

Konfrensi pers film Kartini yang dihadiri sejumlah artis seperti Dian Sastrowardoyo, Ayushita, Acha Septriasa, Deddy Sutomo, Hanung Bramantyo dll. [Foto: Gempur Muhammad Surya/Liputan6.com]

"Saya coba baca literatur soal sosok Kartini karya Pramoedya Ananta Toer (Panggil Aku Kartini Saja). Itu banyak esai dan argumen Pram soal Kartini. Itu membantu saya memerankan Kartini," ungkap Dian Sastrowardoyo, ditemui saat jumpa pers film Kartini, di XXI Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Kamis (14/7/2016).

"Saya juga baca serial buku Tempo. Itu kliping yang menarik. Disuguhkan dengan bahasa pop dan mudah dipahami. Saya mendapatkan buklet kecil yang orang enggak punya. Jadi saya kayak lagi bikin skripsi. nggak cuma baca kata-kata tapi menangkap makna," sambung bintang film Ada Apa dengan Cinta? ini.

Istri pengusaha Maulana Indraguna Sutowo menuturkan, ia mengaku senang bisa memerankan tokoh pahlawan terkenal seperti Kartini. Apalagi ia dibesarkan oleh seorang ibu yang sangat menjadi panutannya.

Dian Sastro dan Ayushita akan membintangi film Kartini. [Foto: Gempur Muhammad Surya/Liputan6.com]

"Dari lubuk hati, saya bersyukur mendapatkan kesempatan ini. Sebelum mendapat project ini, saya peduli bagaimana peran perempuan untuk kemajuan bangsa. Saya seorang putri dari ibu yang kerja keras. Banyak inspirasi saya sebagi perempuan," ujar Dian Sastrowardoyo.

Rencananya, film Kartini baru akan menjalani syuting pada akhir Juli 2016  dan baru akan tayang di bioskop pada April 2017. Tak hanya Dian Sastrowardoyo, sederet artis terkenal ikut membintangi film ini seperti; Ayushita, Acha Septriasa, Adinia Wirasti, Denny Sumargo, Reza Rahadian, Deddy Sutomo dan lain-lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.