Sukses

6 Film yang Bikin Kangen Masa Kuliah

Film memang bisa menimbulkan nostalgia, seperti film-film ini yang akan membuat Anda kangen masa-masa Anda di kampus dulu.

Liputan6.com, Jakarta Kuliah. Masa indah yang pernah hadir di dalam kehidupan. Selama empat tahun, (atau mungkin lima, enam, tujuh) bisa jadi adalah momen terbaik yang pernah terjadi dalam hidup Anda.

Film Jomblo garapan Hanung Bramantyo kembali menjadi pembicaraan seru di ranah Twitter. Kenapa ya?

Bagi Anda yang baru lulus, atau masih kuliah, mungkin belum akan terlalu merindukan hari-hari Anda menjadi mahasiswa. Namun bagi yang masa kuliahnya sudah cukup lama berlalu, biasanya akan sering timbul rasa nostalgia mengenang masa-masa indah tersebut--yang biasanya malah tidak ada hubungannya dengan kelas-kelas yang Anda ambil. 

Balik ke kampus atau sekadar mengunjunginya mungkin bukan sesuatu yang bisa Anda lakukan, apalagi jika sekarang Anda tinggal di kota berbeda. Tapi, bukan berarti kerinduan Anda tadi tidak bisa terobati. Coba hubungi kembali teman-teman satu kampus Anda dulu, dan ajak mereka menonton beberapa film di bawah ini. 

Segala macam kelucuan, kenakalan, kegilaan yang pernah dilakukan, film-film ini akan membuat Anda mengenang masa indah itu. Dan film apa sajakah itu? Tim Liputan6.com sudah merangkumnya untuk Anda!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Legally Blonde

Film yang dirilis tahun 2001 ini menceritakan kehidupan seorang mahasiswi kaya, cantik, modis dan sosialita di universitas Harvard. Ciri khas gadis tersebut adalah pakaian serba pink dan anjing jenis cihuahua yang selalu ia bawa.

Elle Woods yang diperankan oleh Reese Witherspoon berjuang keras menghapus citra buruk mengenai dirinya. Karena, di kampus Harvard, gadis tipe seperti dirinya yang modis dan periang dianggap tidak memiliki cukup kapasitas otak untuk mengikuti kelas-kelas yang diadakan. 

Reese Witherspoon

Singkat cerita, ia giat belajar menjadi gadis kutu buku dan akhirnya bisa membuktikan diri di Law School Harvard. Keren bukan?

Percayalah, setelah menonton film ini, bagi Anda para alumni jurusan hukum, akan teringat masa di mana Anda bergelut dengan tugas di beberapa pengadilan dan menangani berbagai kasus.

3 dari 7 halaman

2. Pitch Perfect

Kuliah, musuh kampus, dan musik? Film Pitch Perfect memang cocok untuk Anda yang pernah menekuni atau masuk ke dalam kelompok musik ketika masa kuliah.

Film Pitch Perfect yang di rilis pada tahun 2012 ini, menceritakan mengenai sekelompok gadis yang tergabung dalam grup musik akapela di Universitas Barden.

Pitch Perfect 2 masih menjaga kualitas musik yang disajikan di film pertama. Tema musik a capella mampu dibuat sangat heboh.

Sulit untuk merekrut anggota membuat Barden's Bellas --nama grup akapela-- untuk diakui di kampusnya. Singkat cerita, grup ini pun mulai mengalami perubahan setelah datangnya anggota baru bernama Beca. Berbagai lomba pun akhirnya bisa dimenangi oleh grup musik akapela khusus wanita ini.

Film yang dibintangi oleh Rebel Wilson, Anna Kendrick, dan Brittany Snow ini akan mengajak Anda bernostalgia mengenai masa-masa Anda aktif mengikuti ekstrakurikuler di kampus dulu. Apalagi jika Anda adalah mantan anggota paduan suara kampus, dijamin akan ikut bernyanyi bersama.

4 dari 7 halaman

3. The Social Network

Film yang dirilis pada 2010 ini menceritakan perjuangan seorang mahasiswa Universitas Harvard dalam membangun media sosial terkenal di dunia, Facebook.

Mark Zuckerberg, diperankan oleh Jesse Eisenberg, adalah seorang mahasiswa kesepian yang memulai membuat situs bernama Facemash. Facemash inilah yang kemudian menjadi cikal bakal Facebook.

Singkat cerita, Facemash berganti nama menjadi Facebook, yang menyambungkan seseorang dalam pertemanan yang luas. Dengan otak pintarnya, situs Facebook langsung melejit di kalangan kampus bahkan dunia luar.

Film yang diangkat dari kisah nyata pendiri Facebook ini benar-benar menginspirasi. Selain alur cerita yang ringan, penonton juga dibuat kagum dengan ide-ide brilian yang didapat Mark dalam membangun Facebook yang kini menjadi salah satu media sosial terbesar yang pernah ada.

5 dari 7 halaman

4. 22 Jump Street

Film 22 Jump Street adalah sebuah film action komedi yang dibintangi oleh Jonah Hill dan Channing Tatum. Film ini menceritakan bagaimana seorang anggota polisi yang menyamar jadi mahasiswa demi memberantas perdagangan narkoba jenis baru di lingkungan kampus.

22 Jump Street memiliki tingkat humor yang benar-benar segar dan menggelikan.

Selain menyamar, kedua sahabat ini diharuskan untuk berbaur dengan lingkungan pergaulan kampus yang memang menjadi tujuan utama keduanya. Berbagai masalah muncul, kala keduanya mulai terbuai dengan kehidupan kampus dan lupa akan tugasnya.

Berbagai adegan-adegan lucu pun disajikan di film besutan sutradara Phil Lord dan Chris Miller ini. Dan, jangan kaget dengan bagaimana chemistry Jonah Hill dan Channing Tatum yang sukses memerankan karakter polisi dan anak kuliahan itu.

6 dari 7 halaman

5. Eurotrip

Film komedi satu lagi yang sukses buat Anda tertawa adalah film Eurotrip keluaran tahun 2004. Film ini menceritakan seorang pria bernama Scott yang baru saja lulus SMA. Untuk merayakannya, ia pun melakukan perjalanan ke Eropa untuk bertemu dengan gadis impiannya yang tinggal di Jerman bernama Mieke.

Ia pun pergi bersama temannya, Jenny, Jamie dan Cooper. Berbagai kejadian konyol serta lucu pun terlihat ketika mereka memulai perjalanan dari Amerika menuju Eropa.

Eurotrip - 2004

 

Walaupun film ini secara keseluruhan tidak terlalu menceritakan bagaimana kehidupan kampus. Namun, film ini wajib ditonton bagi Anda yang memang masih mengenang masa-masa liburan masuk universitas yang diinginkan.

Oh, dan jangan lupakan juga soundtrack film ini yang menjadi legendaris. "Scotty Doesn't Know" yang akan membuat kerinduan Anda terhadap masa kuiiah semakin besar.

7 dari 7 halaman

6. Jomblo

Kalau ini film karya anak bangsa. Jomblo! Film karya sutradara Hanung Bramantyo ini menceritakan empat cowok yang mencoba mencari cinta.

Ringgo Agus Rahman (Instagram/@christiansugiono)

Film Jomblo pun lekat dengan suasana kampus di Indonesia, yang identik dengan nongkrong di warung sebelah kampus, dan absen dari kelas.

Film yang diperankan oleh Christian Sugiono, Dennis Adhiswara, Rizky Hanggono dan Ringgo Agus Rahman ini benar-benar akan membawa Anda bernostalgia bersama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.