Sukses

Kontroversi Bendera Jepang, Karier Tiffany SNSD Terancam?

Unggahan Tiffany SNSD di media sosial menuai kontroversi dan berdampak pada pekerjaannya.

Liputan6.com, Seoul - Unggahan Tiffany SNSD di media sosial beberapa hari lalu rupanya menjadi bumerang. Meski hanya sebuah emoji dan stiker belaka, tapi itu memiliki makna yang mendalam bagi masyarakat Korea.

 Tiffany SNSD [foto: instagram]

Kembali pada Senin (15/8/2016) tatkala Tiffany SNSD mengunggah foto di Instagram dan menyematkan emoji bendera Jepang dan hati di bagian caption. Tambah lagi, di akun Snapchat-nya, Tiffany menggunakan stiker bertuliskan "Tokyo Japan" bercorak bendera Matahari Terbit.

Bendera tersebut merupakan simbol kekaisaran Jepang dan mengingatkan kekejaman penjajahan Jepang terhadap Korea. Karuan saja, apa yang dilakukan Tiffany langsung menuai kecaman dari masyarakat Korea. Pasalnya, Tiffany mengunggah semua itu di hari yang sama dengan hari kemerdekaan negaranya, Korea Selatan.

Sahabat dekat Taeyeon SNSD itu sudah menuliskan permintaan maafnya di Instagram tak lama sejak kontroversi mencuat. 

 Unggahan Tiffany SNSD di Instagram dan Snapchat [foto: allkpop]

Bahkan, hal ini kabarnya berdampak pada karier Tiffany. Diwartakan Soompi, Rabu (17/8/2016), ribuan penonton meminta Tiffany dikeluarkan dari variety show Sister's Slam Dunk.

Tak hanya itu, salah satu produk kosmetik Korea, IPKN, menggantikan posisi Tiffany SNSD yang sudah tiga tahun ini menjadi duta merek tersebut. Meskipun pihak IPKN mengaku hal itu dilakukan lantaran kontrak Tiffany sudah habis.

 Tiffany SNSD [foto: instagram]

"Model diganti bukan karena kasus yang sedang mendera Tiffany. Kontrak Tiffany telah habis dan kami memilih model baru sebulan lalu. Waktu penggantian model dan kontroversi seperti sebuah kebetulan tapi tidak terkait satu sama lain," ujar perwakilan IPKN.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.