Sukses

Perjalanan Karir dan Rahasia Sukses Reza Rahadian di Dunia Akting

Reza Rahadian adalah aktor papan atas Indonesia saat ini, setiap judul film yang dibintanginya berhasil menjadi box office.

Liputan6.com, Jakarta Di dunia seni peran dan hiburan, nama Reza Rahadian tentu sangat akrab di telinga masyarakat. Wajahnya selalu muncul baik di layar lebar maupun layar kaca karena bermain film dan membintangi sejumlah produk ternama di Indonesia.

Reza Rahadian adalah aktor papan atas Indonesia saat ini, setiap judul film yang dibintanginya berhasil menjadi box office dan menghadirkan banyak penonton. Tak pelak berbagai apresiasi dan penghargaan pun berhasil diraihnya, bahkan ia pun disebut-sebut sebagai aktor termahal Indonesia.

Lebih dari 11 tahun Reza Rahadian berkarir di dunia akting, sederet peran telah dimainkan aktor kelahiran Bogor ini mulai dari figuran hingga tokoh utama. Peran serius sebagai tokoh pahlawan nasional, sosok presiden hingga berperan sebagai bos yang konyol seperti di film My Stupid Boss. Namun, dari semua judul yang dibintangi, Reza menaruh perhatian lebih dengan film My Stupid Boss.

Reza Rahadian di film My Stupid Boss

"My Stupid Boss berkesan dan membekas selama saya berkarier di dunia film 11 tahun. Buat saya peran itu membawa dampak yang luar biasa buat karier saya," akui Reza Rahadian.

Pilihan Reza tak salah, karena perannya sebagai Bossmann di My Stupid Boss, Reza pun kembali menjadi nominator di Festival Film Indonesia (FFI) tahun ini untuk kategori Pemeran Utama Pria Terbaik. Reza juga masuk kategori yang sama dengan film Rudi Habibie.
Jika terpilih, maka prestasi di FFI 2016 akan menyamai keberhasilan Reza Rahadian yang meraih penghargaan sebagai Pemeran Utama Pria Terpuji Festival Film Bandung (FFB) 2016 lewat perannya dalam film My Stupid Boss.

Reza pun bersyukur, masih mendapat kepercayaan terlibat Di FFI tahun ini. Sudah tujuh tahun berturut-turut Reza menjadi langganan di salah satu ajang bergengsi perfilman Indonesia tersebut.

Sebelum lebih jauh mengetahui deretan penghargaan dan rahasia sukses reza di dunia akting, mari kita melihat ke belakang awal karir Reza. Sebelum terjun di dunia seni peran, Reza adalah seorang model. Namanya mulai terdengar setelah berhasil meraih juara Favorite Top Guest majalah Aneka Yess! tahun 2004.

Reza Rahadian saat mengawali karir sebagai foto model.

Reza mengawali karier aktingnya di sinetron berjudul "Culunnya Pacarku", produksi Rapi Films pada tahun 2005 silam. Reza semakin melebarkan sayapnya dengan bermain di berbagai judul sinetron, yang populer diantaranya: Inikah Rasanya, Mutiara Hati, Cinta SMU 2, ABG dan Aku Hamil.

Dari sinetron, Reza pun mulai mendapat beberapa tawaran bermain di film layar lebar. Tak disangka, karier Reza semakin menanjak dengan bermain dalam film layar lebar Film Horor.

Reza Rahadian bermain dalam Film Horor.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Reza Rahadian Meraih Piala Citra

Namun, baru lewat film Perempuan Berkalung Sorban, ia meraih Piala Citra tahun 2009 untuk kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik. Dalam film ini Reza beradu akting dengan Revalina S Temat.

Pada tahun berikutnya, ia kembali meraih Piala Citra untuk kategori pemeran Utama Pria Terbaik lewat film 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta. Reza berperan sebagai Rosid, pemuda muslim yang idealis dan terobsesi menjadi seniman besar seperti WS Rendra. 3 Dua Dunia, Satu Cinta merupakan film bergenre drama yang mengangkat tema mengenai perbedaan agama dan bagaimana setiap sosok dapat menyikapi perbedaan ini.

Reza berperan sebagai Rosid di 3 Hati Dua Dunia, Satu Cinta.

Tahun 2013, Reza juga meraih penghargaan untuk kategori Pemeran Utama Terbaik atas perannya di film Habibie & Ainun. Ia beradu peran dengan artis sekaligus penyanyi Bunga Citra Lestari dalam film produksi MD Pictures.

“Rasanya senang sekali. Ini piala saya yang ketiga, rasanya luar biasa. Saya berterima kasih untuk tim Habibie & Ainun yang sudah bekerja keras. Juga atas skenario yang luar biasa di film ini," kata Reza waktu menerima piala Citra tahun 2013.

Reza Rahadian mengangkat piala citra.

Dimata Reza, Film Habibie & Ainun merupakan salah satu film dengan karakter yang sulit dan cukup beresiko bila tidak sesuai dengan aslinya. Karena tokoh yang diperankan Reza, BJ Habibie adalah tokoh yang sangat dikenal dan dikagumi masyarakat.

3 dari 4 halaman

Modal Utama Reza di Dunia Seni Peran

Pria yang pernah menjadi Pemeran Utama Pria Terbaik Festival Film Bandung 2009 lewat film Emak Ingin Naik Haji itu, mengaku setiap tahun tidak memasang target juara saat setuju menerima tawaran film. Ia selalu berusaha bermain dengan sebaik-baiknya untuk tiap karakter yang diberikan.

”Modal fisik bukan segalanya dalam dunia peran dan ini tidak harus menjadi kekuatan dalam berakting. Kualitas dan karakter peran lebih penting. Selama memerankan tokoh Habibie, banyak yang saya pelajari sebagai aktor. Kesamaan saya pada unsur fisik tidak selalu harus menjadi yang utama, tetapi bagaimana memainkan karakter tersebut dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Reza Rahadian di Film Rudi Habibie

Reza tak menyangkal, setiap penghargaan yang didapat menjadi pemecutnya untuk lebih menjaga dan meningkatkan kualitas aktingnya.

"Kedepannya tentu ada beban tanggung jawab. Terus berkreasi, meningkatkan kreatifitas memoles akting. Saya harap saya bisa menjaga dan menambahkan kualitas saya berperan dalam sebuah film," pungkas Reza Rahadian.

Tak hanya bermain film di dalam negeri, Reza Rahadian juga terlibat dalam serial televisi berjudul Halfwords yang ditayangkan di HBO. Dalam serial Halfworlds yang disutradarai Joko Anwar, Reza berperan sebagai Tony sosok yang memiliki dua kepribadian.

Reza Rahadian juga terlibat dalam serial televisi berjudul Halfwords yang ditayangkan di HBO

Bintang film Guru Bangsa: Tjokroaminoto ini harus beradu akting dengan artis kenamaan dari Malaysia dan Singapura. Untuk bisa bermain dalam serial Halfwords, Reza mengaku harus melewati proses audisi terlebih dahulu. Namun diakui bintang film Pendekar Tongkat Emas ini, proses tersebut tak begitu sulit baginya.

4 dari 4 halaman

Rahasia Sukses Reza

Berkarir di dunia entertain lebih dari 11 tahun, bisa dibilang Reza sudah merasakan manis-asam dunia akting. Mulai dari berperan sebagai figuran dengan honor kecil hingga bermain sebagai tokoh utama yang disebut-sebut dengan bayaran termahal. Namun, dibalik kesuksesannya saat ini tidak serta merta membuat Reza sombong dan besar kepala.

Reza tak segan untuk berbagi rahasia sukses berkarir di dunia akting dan film. Dalam sebuah video yang diunggah oleh OPPO Indonesia, Reza menceritakan rahasia dan kunci suksesnya.

"Main sebaik mungkin, berlatih terus, dan selalu berusaha untuk bisa menggali sesuatu yang berbeda di setiap peran," kata pemeran Donald Pandiangan di Film 3 Srikandi.

Dibalik upaya itu, Reza juga menekankan bahwa seorang aktor atau pemain film haruslah jujur dalam setiap aktingnya. “Kunci utama dalam berakting adalah jujur. Karena akting adalah sebuah kejujuran," ungkap Reza yang telah bermain lebih dari 30 judul film layar lebar.

Lewat prestasinya di dunia akting dan film, Reza Rahadian pun diendors oleh produsen ponsel OPPO untuk mempromosikan produk Camera Phone dan dikenal sebagai Selfie Expert Member. Adapun produk yang diperkenalkan Reza adalah OPPO F1s, ponsel dengan kamera depan tertinggi saat ini yang berukuran 16 MP.

Selfie Expert Reza Rahadian


"Selfie OPPO enggak bisa bohong, karena bagus banget hasilnya dan itu menjadi hal yang paling menyenangkan," ungkap Reza.
Untuk menggambarkan betapa canggih dan kerennya OPPO F1s, Reza pun melontarkan 3 kata sederhana untuk mewakili OPPO.

"Easy, Smart, Elegent," kata Reza yang memang menganggap bahwa kamera adalah fitur penting dari sebuah smartphone.

Jika kamera adalah fitur penting dari sebuah smartphone, maka ingatlah pesan Reza bahwa dalam berakting kejujuran adalah hal utama. Di samping itu, perlu untuk terus bereksplorasi, melatih olah vokal dan tidak terlalu sering berakting lewat cermin.

 

*Mau dapat tiket konser OPPO Selfie Fest? Upload Foto Selfiemu sekarang!

 

 (Adv)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.