Sukses

Gaun Ini Buktikan, Marilyn Monroe Masih Belum Tergantikan

Gaun Marilyn Monroe, yang dikenakannya di acara ulang tahun Presiden John F. Kennedy, memecahkan rekor sebagai gaun termahal.

Liputan6.com, Jakarta Pada Mei 1962, legenda Hollywood, Marilyn Monroe, menyanyikan selamat ulang tahun untuk Presiden AS saat itu, John F. Kennedy (JFK). Kala itu, sang simbol seks mengenakan gaun tipis bertaburkan kristal.

Sekarang, gaun yang dikenakan Marilyn Monroe itu baru saja laku dengan harga sangat mahal, mencapai US$4,8 juta. Rumah lelang Julien's mengumumkan berita ini Jumat lalu, dilansir dari Rolling Stone, Minggu (20/11/2016).

Marilyn Monroe (1926 - 1962)

Marilyn Monroe sendiri adalah sosok yang penuh misteri di Hollywood. Meninggal di usia yang masih sangat muda, aktris bernama asli Norma Jeane Mortenson itu memang sering dikaitkan dengan figur legendaris AS lainnya, sang presiden sendiri, John F. Kennedy.

Kabarnya, keduanya pernah menjalin hubungan asmara panas, walaupun sang presiden kemudian memutuskan untuk memilih istrinya, Jacqueline Kennedy.

Kembali ke gaun tadi, kejadian Marilyn Monroe menyanyikan "Happy Birthday Mr. President" bisa dibilang adalah salah satu peristiwa yang sangat legendaris dan ikonis. Dengan suaranya yang rendah dan mendayu, Marilyn Monroe bernyanyi di hadapan sang presiden dalam balutan gaun tipis sewarna kulit tadi.

Marilyn Monroe bernyanyi untuk Presiden John F. Kennedy hanya beberapa bulan sebelum kematiannya. Pada 5 Agustus 1962, Marilyn Monroe ditemukan tewas karena overdosis di kediamannya, di Brentwood, Los Angeles.

Kematian Marilyn Monroe yang mendadak langsung muncul di halaman depan berbagai surat kabar seantero Amerika dan Eropa. Bahkan, setelah kematiannya, angka bunuh diri di Los Angeles meningkat sampai dua kali lipat.

Angka bunuh diri di Los Angeles meningkat dua kali lipat setelah kematian Marilyn Monroe.

Marilyn Monroe sampai sekarang masih dianggap sebagai salah satu wanita paling cantik yang pernah muncul di Hollywood. Gayanya yang khas, dengan rambut pirang ikalnya yang pendek, masih menjadi salah satu ikon budaya pop paling populer sampai saat ini.

Gaun bertaburkan kristal tadi dibeli oleh yayasan Ripley's Believe It or Not, dengan tujuan untuk memamerkan gaun tadi di salah satu museum mereka.

"Kami percaya ini adalah salah satu barang paling ikonis dalam budaya pop," kata wakil presiden Ripley's, Edward Meyer menyampaikan setelah museum itu memenangkan lelang.

"Di abad 20, aku tidak bisa memikirkan barang lain yang lebih banyak memiliki cerita dari tahun 60-an dibandingkan gaun ini. Ini adalah rekor baru untuk sebuah gaun."

Gaun ini menjadi sangat ikonis karena juga menjadi simbol salah satu penampilan publik terakhir Marilyn Monroe sebelum kematiannya tiga bulan kemudian.

Gaun putih yang dikenakan Marilyn Monroe dalam film Seven Years Itch ini sebelumnya memegang rekor sebagai gaun termahal. (Sumber: Nydailynews)

"Gaun ini, cerita ini, kejadian ini menandakan salah satu peristiwa paling penting dalam sejarah," ujar Martin Nolan, direktur eksekutif rumah lelah Julien's. "Pelelangan ini meningatkan dunia kenapa Marilyn Monroe sampai saat ini tetap menjadi ikon."

Harga lelang gaun ini memecahkan rekor gaun termahal, yang sebelumnya dipegang oleh gaun Marilyn Monroe yang lain. Gaun putih yang dikenakannya dalam film "Seven Years Itch", yang laku seharga US$4,6 juta di tahun 2011.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.