Sukses

Janji Ruben Onsu Sebelum Peti Jenazah Sang Ayah Ditutup

Ayahanda Ruben Onsu dimakamkan hari ini, Rabu (1/2/2017) di Pondok Rangon, Bekasi.

Liputan6.com, Jakarta - Ruben Onsu menatap nanar sang ayah untuk terakhir kalinya. Setelah dua hari disemayamkan di rumah duka RSPAD Gatot Soebroto, peti jenazah sang ayah, Johanes Abraham Onsu, ditutup hari ini, Rabu (1/2/2017) pukul 10 pagi.

Setelah itu, jenazah Johanes dimakamkan di Pondok Rangon, Bekasi, pada pukul 13.00. Meski berat, Ruben Onsu berusaha mengikhlaskan kepergian sang ayah tercinta untuk selama-lamanya.

 Didampingi sang istri, Sarwendah, Ruben Onsu tak berhenti menangis ketika menceritakan sang ayah yang meninggal, Minggu (29/1/2017). (Rizky Aditya Saputra/Liputan6.com)

Sebelum peti ditutup, Ruben Onsu pun memanfaatkan waktu terakhirnya untuk mengucapkan perpisahan pada sang ayah. Dengan wajah sayu, presenter 34 tahun itu menggenggam tangan Johanes yang terbujur kaku di dalam peti.

Suami Sarwendah itu pun berjanji akan menjalankan amanah sang ayah untuk menjaga saudara-saudaranya.

"Berdua an sama papa pagi ini, sebelum upacara tutup peti, semua amanat papa suruh uben jadi papa untuk adik2, uben coba ya pa jaga cici dan adik2 sampai uben ketemu papa nanti, terima kasih untuk semua cinta papa untuk kami," tulis Ruben Onsu di keterangan foto.

 Ruben Onsu menatap sang ayah untuk terakhir kalinya.

Sebelum meninggal, Ruben sempat berbicara banyak hal dengan sang ayah, Johanes Abraham Onsu. Ruben dianggap bisa menggantikan posisinya sebagai ayah bagi adik-adiknya.

"Papa bisikin saya, katanya 'Lu sudah bisa jadi bapak, titip adik-adik lu, jangan berantem'. Jadi sekarang kata Papa, saya orangtua mereka. Saya masih ingat ucapan itu. Tuhan mau berkehendak seperti apa, saya sudah terima," ujar Ruben Onsu.

 Ayahanda Ruben Onsu, Johanes Abraham Onsu bersama Thalia Putri Onsu.

Johanes Abraham Onsu diketahui mengembuskan napas terakhir pada 29 Januari 2017 lalu. Ayah Ruben Onsu dan Jordi Onsu itu meninggal dunia setelah menderita komplikasi penyakit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.