Sukses

Insiden Salah Sebut di Oscar 2017, Faye Dunaway Merasa Bersalah

Faye Dunaway menyampaikan reaksinya setelah salah menyebutkan pemenang Film Terbaik di Piala Oscar 2017.

Liputan6.com, Los Angeles - Kesalahan penyebutan pemenang Film Terbaik (Best Picture) di Oscar 2017 menyorot Warren Beatty dan Faye Dunaway selaku pembaca pengumumannya. Namun, beberapa pihak sempat menyalahkan Warren Beatty, padahal pengumuman dibacakan sendiri oleh Faye Dunaway.

Disampaikan oleh Telegraph, Senin (27/2/2017), Faye Dunaway mengaku bahwa insiden salah sebut pemenang di Piala Oscar 2017 adalah kekeliruannya, bukan Warren Beatty. Kala itu Faye langsung menyebut La La Land sebagai pemenangnya, sementara pemenang sesungguhnya adalah Moonlight.

Moonlight (IMDb)

Padahal, Beatty kala itu sedang kebingungan dengan tertulisnya nama Emma Stone di kartu yang ia pegang. Emma Stone sendiri diumumkan sebagai Aktris Terbaik untuk film La La Land tepat sebelum kategori Film Terbaik disampaikan. Setelah kekeliruan itu, barulah produser La La Land menyampaikan sendiri bahwa yang berhak memenangkan kategori Film Terbaik adalah Moonlight.

Menanggapi kesalahannya, Dunaway menyampaikannya kepada Telegraph. "Itu terjadi sangat cepat, saya tidak bisa membicarakannya. Kartunya terbaca seperti itu. Itu adalah hal yang sangat aneh," ujarnya.

Insiden memalukan terselip penganugerahan Piala Oscar.

Para pemirsa awalnya menyalahkan kedua bintang legendaris yang pernah meraih Piala Oscar itu. Dalam situasi sesungguhnya, Beatty tak tahu harus bagaimana ketika tulisan "Emma Stone, La La Land" terpampang di atas kartu. Sementara Faye Dunaway tak menyadari ada yang salah dengan penulisan kartu di dalam amplop dan ia hanya membaca tulisan "La La Land".

Belakangan diketahui bahwa Warren Beatty mendapatkan amplop yang salah dari seorang auditor PwC. Tugas auditor sendiri bertanggung jawab dalam menghitung dan memverifikasi suara.

Momen ketika salah sebut pemenang Film Terbaik di Piala Oscar 2017 (89th Academy Awards). (voanews.com)

Uniknya, Emma Stone sempat kebingungan dengan insiden tersebut. Di belakang panggung, ia menjelaskan bahwa dirinya masih memegang kartu pemenang atas namanya ketika pengumuman Film Terbaik disampaikan. Namun akhirnya diketahui bahwa biasanya memang selalu ada dua set kartu yang identik.

Piala Oscar 2017 sendiri dihelat di Dolby Theatre in Hollywood, Los Angeles, California, Minggu (26/2/2017) dengan dipandu oleh presenter Jimmy Kimmel. Ajang ini juga menjadi pertama kalinya dalam sepanjang sejarah Academy Awards untuk menorehkan kategori terbanyak, 14 nominasi, untuk La La Land.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini