Sukses

Lukman Sardi: Pancasila untuk Menjaga Keutuhan NKRI

"Pancasila itu sebuah ideologi bangsa yang membuat dasar kita kuat," kata Lukman Sardi.

Liputan6.com, Jakarta - Lukman Sardi mendukung langkah Pemerintah dalam memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni. Menurutnya, Pancasila merupakan bagian terpenting dalam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pancasila itu sesuatu yang menjaga keutuhan NKRI. Kenapa gue bilang begitu? Karena negara kita ini cukup besar. Begitu banyak suku, budaya ras dan agama. Dalam Pancasila itu semua dipersatukan," kata Lukman Sardi, saat ditemui di kawasan Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (31/5/2017) malam.

Lukman Sardi (Herman Zakharia/Liputan6.com)

"Pancasila itu sebuah ideologi bangsa yang membuat dasar kita kuat. Makanya menurut gue sangat penting untuk masyarakat Indonesia," lanjutnya.

Selama ini Lukman Sardi mengaku telah menerapkan banyak nilai Pancasila dalam kesehariannya. Salah satunya mengenai kehidupan toleransi bermasyarakat. Pemain film Soekarno: Indonesia Merdeka ini yakin jika hal itu tetap diterapkan, maka dapat menghapus adanya perselisihan antargolongan.

"Lumayan banyak yang sudah diterapkan. Sebagai masyarakat Indonesia saling menghargai, itu bagian dari Pancasila. Mau agamanya apapun harus tetap respect. Beda suku juga begitu, enggak masalah," ujar Lukman Sardi.

"Karena Pancasila itu sudah menjadi hal kuat yang mendasar banget bagi manusia dan membawa kita ke arah lebih baik," kata Lukman Sardi. (fei)

Lukman Sardi saat mengisi Inspirato, Selasa (25/10). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.