Sukses

Diajak Teater Kosong, Olivia Zalianty Ramaikan Indonesia Dalam 3

Teater Kosong kembali menggelar pentas bertajuk Indonesia Dalam 3 dengan Olivia Zalianty sebagai salah satu pengisinya.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah pentas teatrikal baca puisi bertema "Manusia Istana" karya Radhar Panca Dahana digelar di Teater Taman Ismail Marzuki, Jakarta Pusat, pada akhir Januari yang lalu, Teater Kosong kembali mengelar pentas serupa bertajuk "Indonesia Dalam 3". Pentas terbaru ini akan digelar pada 30 Juli 2017 di Ciputra Artpreuneur Jakarta dengan Olivia Zalianty sebagai salah satu pengisinya.

Dalam pentas sebelumnya, Teater Kosong menghadirkan para pembaca puisi dari kalangan artis ternama, seperti Prisia Nasution, Cornelia Agatha, Marcella Zalianty, Dinda Kanya Dewi, Maudy Kusnaedi, dan Olivia Zalianty. Para musikus seperti Slank dan Toni Q Rastafara pun turut menyanyikan beberapa puisi Radhar.

Radhar Panca Dahana dan tim mengapresiasikan pendapat dan kekecewaan pada pemerintah lewat teatrikal puisi.

Maka, dalam pentas "Indonesia Dalam 3" kali ini, panggung akan diisi dengan pembacaan puisi-puisi dari Radhar bersama dua penyair senior yang juga kerabat lamanya, A. Mustofa Bisri alias Gus Mus beserta D. Zawawi Imron.

Seperti yang sudah banyak dilakukan sebelumnya, Teater Kosong bakal menampilkan puisi-puisi ketiga penyair tersebut secara dramatis dan spektakuler. Panggungnya nanti bakal menggunakan teknik-teknik teatrikal, termasuk teknologi video mapping.

Genre puisi teatrikal atau pentas puisi dramatik ini sudah dimulai oleh Teater Kosong sejak 1985. Kali ini, bentuk itu kembali digunakan untuk menyuarakan keheningan dan kebeningan puisi dalam meneropong kenyataan mutakhir Indonesia hingga ke bagian terdalamnya.

Pentas Indonesia Dalam 3 yang digelar oleh Teater Kosong. (Teater Kosong)

Turut ditampilkan (featuring) juga dalam pentas ini, dua aktris andal dalam membaca puisi panggung. Aktris Renny Djajoesman akan membawakan sebuah lagu-puisi, serta juniornya, Olivia Zalianty, seperti biasa dengan semangatnya yang menggebu-gebu.

Sepanjang 120 menit, penonton akan disuguhi aksi puitis tiga penyair di atas panggung. Mereka membawakan sejumlah puisi ciptaannya yang bertemakan dinamika sosial budaya mutakhir negeri ini. Aksi mereka akan diperkuat oleh tata lampu yang tidak hanya memberi penerangan untuk tubuhnya. Lebih dari itu, terdapat pemberian makna lain bagi benda-benda yang muncul di atas panggung serta berpaduan dengan alur gambar-gambar digital.

Bahkan, keberadaan tata cahaya dapat mengusik dan menenggelamkan keberadaan para penyair itu sendiri dalam satu waktu. Gambar video mapping suatu waktu lebih mendominasi keberadaannya hingga citra penonton lebih terkesan pada apa yang divisualisasi dan bukan apa yang dialami. Lalu, bisa seketika terang benderang hingga menyilaukan mata dan seketika gelap gulita, hingga yang tersisa hanyalah untaian kata.

Pertunjukan "Indonesia Dalam 3" dijadwalkan pentas pada 30 Juli 2017, mulai pukul 19.00 di Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. Tiketnya sendiri dibanderol mulai dari Rp 75 ribu (pelajar), Rp 300 ribu (kelas 2), Rp 500 ribu (kelas 1), dan Rp 700 ribu (kelas VIP). Tiket dapat dipesan di tempat (OTS) atau reservasi melalui online.

Simak juga video berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.