Sukses

Mengapa Tora Sudiro Tak Menjalani Rehabilitasi?

Tora Sudiro menggunakan dumolid tanpa resep dokter.

Liputan6.com, Jakarta - Karier Tora Sudiro beberapa waktu ke depan sepertinya bakal terhenti. Pasalnya, polisi telah menetapkan bintang film Warkop DKI Reborn ini sebagai tersangka kepemilikan psikotropika.

Tora Sudiro disangkakan melanggar Pasal 62 UU Psikotropika No 5 Tahun 1997 Tentang memiliki atau menyimpan psikotropika. Ia pun terancam penjara lima tahun dan atau denda Rp 100 juta.

Tora Sudiro dan Mieke Amalia (Instagram)

‎"TS kami kenakan Pasal 62 UU Psikotropika No 5 Tahun 1997 dengan hukuman lima tahun dan atau denda Rp 100 juta," ujar Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Vivick Tjangkung, di kantornya, Jumat (4/8/2017).

‎Sesuai undang-undang, Tora Sudiro hampir dipastikan tak akan menjalani rehabilitasi. Hal itu disebabkan karena suami Mieke Amalia ini menggunakan dumolid tanpa resep dokter. Padahal, jika pernah ditangani dokter, Tora Sudiro dapat direhabilitasi.

"Untuk UU Psikotropika ini memang tidak diatur dilakukan rehabilitasi. Kalau pihak TS mengajukan rehab, harus ada dari pihak medis dokter yang pernah menangani," terang Kompol Vivick Tjangkung.

"Ini diatur dalam Pasal 37 jika pembuktian adanya barang bukti ini bisa dipertanggungjawabkan oleh medis, ada resep dokter maka memang harus direhab. Tapi dalam UU Psikotropika ini tidak diatur untuk penyalahgunaan," lanjutnya.

Aktor Tora Sudiro (kenakan penutup wajah hitam) saat dihadirkan dalam jumpa pers kepemilikan psikotropika di Mapolres Jakarta Selatan, Jumat (04/08). Tora dijerat dengan UU Psikotropika tahun 1997 pasal 62. (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Kepolisian pun telah menerbitkan surat perintah penahanan untuk Tora Sudiro. TS telah kami tandatangani surat perintah penahanan. Dan akan diproses secara hukum," kata Kompol Vivick Tjangkung.

Seperti diketahui, Satuan Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan menciduk Tora Sudiro dan Mieke Amalia di kediamannya di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan, Kamis (3/8/2017) pukul 10.00 WIB. Kedua bintang sketsa Extravaganza ini diamankan terkait kepemilikan psikotropika dumolid. Dari tangan keduanya, polisi memperoleh barang bukti sebanyak 30 butir psikotropika. (fei)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.