Sukses

Riki Putra Majukan Musik Indonesia dengan Padukan Gamelan dan Musik Rock

Riki Putra memutuskan pilihannya sebagai pemain musik dengan genre rock-gamelan.

 

Liputan6.com, Jakarta Musisi muda asal Balikpapan, Riki Putra ingin memadu padankan musik tradisional dengan musik modern. Salah satu yang akan dilakukannya adalah dengan memadukan gamelan dengan musik rock.

Riki Putra memutuskan pilihannya sebagai pemain musik dengan genre rock-gamelan, yang telah dituangkannya dalam album barunya yang bertajuk 'Gamelan Rules'.

Uniknya, keinginan Riki Putra memilih genre rock-gamelan justru muncul saat ia masih kuliah di Musician Institute, Amerika. Riki Putra mengaku saat ini tengah menyiapkan konser megah dengan konsep orchestra. Di mata Riki Putra, masih banyak peluang yang bisa dikembangkan pada musik tradisional, asalkan kreatif.

"Jangan sampai musik tradisional kita tergerus jaman, apalagi musik luar kini cepat sekali perkembangannya. Kita harus bangga dengan budaya lokal dan jangan malu untuk memperdengarkannya ke manca negara," ujar Riki Putra dalam keterangannya kepada wartawan, baru-baru ini.

"Memainkan musik rock yang dipadukan dengan gamelan mempunyai nilai tambah tersendiri. Musik rock itu sudah rame dan peminatnya banyak, nah, gamelan itu alat musik yang sempurna dan elegan, jadi bisa dibayangkan seperti apa megah dan menariknya ketika mendengarkan rock-gamelan,” lanjut Riki Putra bersemangat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisnis Jeans dan Batik

 

Selain itu persaingan bisnis kian ketat dan dia menyadari bahwa untuk memajukan budaya Indonesia diperlukan kemasan yang menarik.

Demi menunjukkan rasa cintanya pada budaya Indonesia, tidak hanya konsep rock-gamelan yang dipilihnya sebagai musisi, Riki Putra juga membuka usaha bisnis kemeja jeans yang dipadukan dengan batik yang diberi nama Samskara.

“Intinya, Indonesia itu punya ribuan nilai budaya yang bisa dikembangkan, namun pada kenyataannya, justru orang luar negeri yang memiliki minat budaya Indonesia, terbukti ketika aku mulai mempopulerkan batik Samskara saat masih kuliah di Amerika. Aneh kalau di dalam negeri kita malah ‘gak peduli sama budaya kita, padahal Indonesia kaya akan berbagai buday", tambah Riki Putra, panjang lebar.

 

3 dari 3 halaman

Ikut Berkontribusi

 

Riki Putra menyatakan bahwa semua warga Indonesia harus ikut berkontribusi dalam memajukan budaya Indonesia. Jangan hanya jadi penonton tapi turut andil dalam mempromosikan ke manca negara.

Riki sangat optimis, bahwa budaya Indonesia tidak kalah bersaing dengan budaya luar negeri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.