Sukses

Lewat Uji Lab, Wanna One Terbukti Tak Berkata Kasar di Video Kontroversial

Dari hasil uji Laboratorium Forensik Digital, terbukti bahwa anggota Wanna One tidak mengatakan kata-kata kasar yang dituduhkan.

Liputan6.com, Seoul - Pada 19 Maret lalu, Wanna One kembali ke jagat musik K-Pop lewat lagu terbarunya, "Boomerang". Namun di tengah euforia ini, mereka malah terbelit dengan sebuah video yang dinilai kontroversial.

Dalam video yang menjadi viral tersebut, anggota Wanna One tengah bercanda dan melakukan tes kamera. Namun video ini ternyata terekam dan bahkan tersebar di media massa.

Banyak pihak yang merasa mendengar banyak kata cacian dan bahkan menyebut aktivitas seksual yang dikeluarkan oleh anggota Wanna One. Anggota yang dituduh mengeluarkan kalimat ini, adalah Ha Sung Woon.

Video ini menimbulkan banyak perdebatan di kalangan warganet. Apalagi audio video ini begitu ribut dan juga tak menunjukkan sebagian wajah anggota Wanna One. Alhasil, tak jelas siapa yang mengatakan kalimat itu.

Namun dari hasil uji Laboratorium Forensik Digital, ternyata terbukti bahwa anggota Wanna One tidak mengatakan kata-kata yang dituduhkan tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Hasil Perbandingan

Dilansir dari Soompi, Jumat (23/3/2018), laboratorium tersebut membandingkan sejumlah kalimat yang selama ini telah terlanjur beredar, dengan hasil analisis mereka.

Kalimat yang selama ini dipercaya sebagai 'aku lebih baik mengeluarkan sumpah serapah dulu', ternyata berbunyi 'Aku lebih baik melakukan ini dulu sebelumnya'. Hasil komparasi dengan rekaman audio lain, memastikan bahwa kalimat ini memang diucapkan oleh Ha Sung Woon Wanna One.

Komentar lain yang dipercaya sebagai kalimat yang memuat tentang aktivitas seksual, ternyata berbunyi 'jawab aku'. Kalimat ini, tidak diucapkan oleh Ha Sung Woon.

Sementara kata-kata kasar yang dituduhkan telah mereka ucapkan, ternyata bukan merupakan suara manusia. Melainkan, suara yang muncul dari mesin.

3 dari 4 halaman

Siap ke Jalur Hukum

Yang menarik, pihak yang mengirimkan permintaan pada laboratorium ini untuk memeriksa video tersebut, bukan agensi yang menaungi Wanna One, YMC Entertainment. Yang melakukannya, justru adalah para penggemar Wanna One.

Para penggemar yang juga disebut Wannable ini, juga tengah menyiapkan tuntutan hukum berupa pencemaran nama baik atas orang-orang yang sebelumnya menyiarkan kabar bohong ini. Hasil analisis forensik ini, akan diajukan sebagai barang bukti.

4 dari 4 halaman

Kado Ultah

Hasil uji laboratorium ini jelas menjadi kabar baik bagi Ha Sung Woon Wanna One. Apalagi, informasi ini keluar bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke-24, pada 22 Maret kemarin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini