Sukses

Masuk Museum, Ratusan Sepatu Imelda Marcos Malah Rusak

Mantan ibu negara Filipina ini selalu tampil mengenakan sepatu yang warnanya mirip dengan gaunnya. Namun, kini ratusan dari koleksi sepatunya rusak.

Liputan6.com, Manila: Siapa yang tidak kenal Imelda Marcos? Mantan ibu negara Filipina ini dicap sebagai wanita glamor yang suka mengoleksi barang mewah. Gaun, tas, rambut sasak tinggi, dan tentunya sepatu adalah barang yang identik dengan dirinya. 

Imelda yang saat ini menjabat sebagai anggota dewan selalu tampil mengenakan sepatu yang warnanya mirip dengan gaunnya. Baginya, sepatu bukan hanya sekedar pelengkap penampilan, melainkan simbol pergolakan politik Filipina pada 1986 dan kebanggaannya sebagai mantan Ibu Negara.

Imelda terkenal memiliki banyak koleksi sepatu. Terhitung, sekitar 3.000 pasang sepatu dikoleksinya dan disimpan di Museum Nasional Manila.

Namun, seperti dikutip Dailymail, Selasa (25/9), kini petaka datang kepadanya. Sebab, ratusan dari koleksi sepatunya rusak. Penyebab kerusakan diketahui karena dimakan rayap, terkena banjir dan ada juga yang tak terawat.

Hal ini sangat ironis. Sebab, lebih dari 150 kotak busana, gaun, aksesori dan sepatu milik keluarga Marcos sengaja dipindahkan dari Istana Presiden ke museum untuk menghindari kerusakan karena kelembaban dan rayap. Tapi ternyata, barang-barang tersebut malah rusak.

Menurut pihak museum, Imelda masih sering memakai salah satu koleksinya itu. Selain itu, koleksi tersebut hanya disimpan dalam kotak seadanya dan tak dilindungi dengan kunci khusus karena tak ada fasilitas keamanan di dalamnya.

"Kami saat ini berusaha melakukan konservasi. Tapi sangat disayangkan, karena Imelda kadang masih memakai koleksi sepatu dan busana di museum untuk menghadiri acara resmi," kata Kurator Museum Orlando Abinion. (MEL)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.