Sukses

Seperti Padi, Musikimia Pun Tak Mau Lipsync

Dulu, Padi ogah memakai pola minus one ataupun lipsync saat mentas. Aturan ini pula yang diterapkan Fadly kepada Musikimia.

Sewaktu Padi masih aktif manggung, ada semacam aturan tak tertulis yang menyebut bahwa Fadly Cs hanya mau membawakan lagu secara langsung di hadapan penonton. Mereka ogah memakai pola minus one ataupun lipsync saat mentas. Aturan ini pula yang diterapkan Fadly kepada Musikimia.

Beberapa personel Padi yaitu Fadly, Rindra, Yoyok dan Ari membidani lahirnya grup Musikimia belum lama ini. Meski citarasa musik yang mereka usung berbeda dengan Padi, tapi tetap ada kesamaan prinsip dalam urusan manggung. "Yang pasti satu, harus live. Ada beberapa acara musik itu untuk tidak memberikan tampil secara live," ceplos Fadly di Kampus UI Depok, Jawa Barat, Kamis (21/3) petang. Yoyok pun menambahkan, dengan membawakan lagu secara live berarti mereka jujur dalam bermusik.

Ini pula yang akhirnya menjadi ganjalan Musikimia untuk tampil di acara musik televisi yang ingin ambil jalan pintas dengan teknik lipsync. "Bukan penolakan, kami pinginnya live. Yang penting kami jangan dipaksa. Bayangkan saja, sudah datang subuh-subuh kok alat musik enggak dipukul bunyi sendiri," Fadly mengurai. "Padahal yang penting dari tampil live adalah kedekatan dengan orang yang mendengarkan. Itu mahal harganya dan berharga banget," tegas dia.

Apalagi, bermusik secara live bisa membuat seorang musisi selalu berusaha tampil sempurna di depan penonton. "Sebenarnya tampil live bisa sebagai pembelajaran bagi grup band. Tapi setiap band punya hak yah untuk tampil lipsync atau tidak," pungkas Rindra.(Jul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.