Sukses

Studio Ghibli, Salah Satu Penggarap Anime Terbaik

Salah satu perusahaan anime paling populer di Jepang adalah Studio Ghibli. Film-film yang dirilis selalu dianggap sebagai karya besar.

Studio Ghibli merupakan salah satu studio anime Jepang yang telah merilis berbagai karya inspiratif. Beberapa karya Studio Ghibli sempat menjadi sorotan internasional.

Terbentuk pada 15 Juni 1985 di Tokyo, Studio Ghibli didirikan oleh Hayao Miyazaki, Isao Takahata, Toshio Suzuki dan Yasuyoshi Tokuma. Hayao Miyazaki dan Toshio Suzuki merupakan dua tokoh kunci dalam hal penyutradaraan anime-anime Studio Ghibli.

Kebanyakan anime yang dirilis oleh Studio Ghibli dibuat dalam format film bioskop, bukan berupa serial. Anime-anime rilisan Studio Ghibli banyak memenangkan penghargaan di Jepang. Bahkan, salah satu anime yang ada, berhasil meraih penghargaan Oscar.

Sebut saja Castle in the Sky, My Neighbor Totoro dan Kiki's Delivery Service yang berhasil membawa Studio Ghibli diganjar Animage Anime Grand Prix.  Spirited Away merupakan anime Studio Ghibli yang pertama kali disiram penghargaan Golden Bear dan Oscar.

Hingga kini, Studio Ghibli telah merilis anime sebanyak 17 judul. Anime pertama yang diproduksi adalah Castle in the Sky yang rilis pada 1986 dan langsung mendapat penghargaan Animage. Anime selanjutnya, Grave of the Fireflies (1988) yang bernuansa sedih, mendapat banyak sambutan dari penggemar anime.

Di tahun yang sama, My Neighbor Totoro (1988) dirilis dengan nuansa yang tidak terlalu menyedihkan seperti film sebelumnya. Menyusul dirilisnya judul-judul seperti Kiki's Delivery Service (1989), Only Yesterday (1991), Porco Rosso (1992), Pom Poko (1994) serta Whisper of the Heart (1995).

Pada 1997, dirilislah Princess Mononoke yang sempat menjadi salah satu anime fenomenal dalam sejarah Studio Ghibli. Bertema historis dan fantasi, film ini mendapat sorotan para pengamat film animasi di dunia. Selanjutnya, anime My Neighbors the Yamadas (1999) yang bertema keluarga juga meraih suatu penghargaan di Jepang.

Spirited Away yang rilis pada 2001 menjadi anime yang lolos penghargaan internasional. Dilanjutkan dengan perilisan anime-anime lain seperti The Cat Returns (2002), Howl's Moving Castle (2004), Tales from Earthsea (2006), Ponyo (2008), Arrietty (2010) dan From Up on Poppy Hill (2011).

Nama Ghibli sendiri diambil dari nama Arab untuk Sirocco, atau Laut tengah. Awalnya, nama tersebut terinspirasi dari keinginan pelopor Studio Ghibli yang ingin meniupkan angin baru melalui industri anime Jepang. Proyek yang akan dirilis selanjutnya adalah The Wind Is Rising pada 20 Juli mendatang serta The Tale of Princess Kaguya pada musim gugur tahun ini.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini