Sukses

Kiprah Bob Dylan Kian Diakui

Bob Dylan bergabung dengan sejumlah penulis, komposer, dan seniman lainnya dalam American Academy of Arts and Letters, lembaga elite seni berusia 115 tahun. Kiprah musisi multitalenta ini pun semakin diakui.

Kiprah trubadur ternama asal Amerika Serikat, Bob Dylan, kembali diakui. Kali ini musisi, penulis lagu, dan produser Bob Dylan dilantik menjadi anggota kehormatan American Academy of Arts and Letters.

Dylan bergabung dengan sejumlah penulis, komposer, dan seniman lainnya dalam lembaga elite seni berusia 115 tahun itu. Henry Cobb, Presiden American Academy of Arts and Letters, mengatakan anggota kehormatan merupakan orang yang sangat berbeda dalam seni kreatif.

"Lebih dari 50 tahun, menentang penggolongan dalam budaya kategori, Bob Dylan menyelidiki dan menusuk jiwa kita, merekam dan mengubah dunia dan hidup kita melalui puisi yang dimanifestasikan dalam lagu. Ia membuat hubungan yang belum pernah kita bayangkan antara kata, emosi, dan ide," tutur Cobb seperti dikutip dari Reuters, Jumat (17/5/2013).

Sayangnya, sang musisi tidak hadir dalam upacara pelantikan yang digelar pada Rabu 15 Mei 2013 di Manhattan, AS.

Sementara, Michael Chabon, novelis peraih Pulitzer-Price memberikan pidato pada acara itu. Pun demikian aktris Meryl Streep, yang juga anggota kehormatan, turut memberikan penghargaan.

Adapun Dylan menyampaikan surat permintaan maaf atas ketidakhadirannya. "Saya merasa sangat terhormat dan sangat beruntung masuk ke `kuil` berisi seniman-seniman besar yang ada di Academy of Arts and Letters. Saya berharap suatu saat kita dapat bertemu," tulis pernyataan Dylan yang dibacakan.

Virginia Dejani, direktur eksekutif lembaga itu, mengatakan pelantikan Dylan diputuskan oleh pemungutan suara dari 250 anggota. Anggota Academy lainnya sempat bingung di mana ia harus dimasukkan, seni, sastra, atau musik. Menurut peraturan lembaga itu, anggota kehormatan hanya untuk 15 warga Amerika.

Sangat Multitalenta

"Akhirnya, kami memutuskan bahwa ia seorang yang sangat multitalenta dengan karya yang luar biasa," imbuh Dejani.

Sementara, anggota kehormatan American Academy of Arts and Letters lainnya di antaranya sutradara Woody Allen dan Martin Scorsese, koreografer Paul Taylor, dan pemain celo Yo Yo Ma.

Pada Mei tahun silam, Bob Dylan menjadi salah satu penerima penghargaan sipil tertinggi di Amerika Serikat, yakni Medal of Freedom. Penghargaan ini langsung diberikan Presiden Barack Obama di Gedung Putih, di hadapan sejumlah tamu serta media. Presiden Obama, yang mengaku penggemar berat penyanyi 71 tahun itu, juga memuji suara dan musik Bob Dylan yang bisa mempengaruhi orang banyak.

Pemilik nama asli Robert Allen Zimmerman lahir di Duluth, Minnesota, Amerika Serikat, 24 Mei 1941. Ia kemudian terkenal sebagai penyanyi, penulis lagu, musikus dan penyair Amerika yang sumbangannya terhadap musik Amerika bertahan lama. Ini dapat dibandingkan, dalam kemasyhuran dan pengaruhnya, dengan karya-karya Stephen Foster, Irving Berlin, Woody Guthrie, Bruce Springsteen, dan Hank Williams.

Inspirator Pergerakan

Banyak dari karya terbaik Dylan berasal dari dekade 60-an, ketika ia menjadi penyaksi sekaligus salah satu inspirator pergerakan kaum muda Amerika. Sebagian dari lagu-lagunya, seperti Blowin` in the Wind dan The Times They are a Changin`, menjadi "lagu kebangsaan" dari gerakan antiperang dan gerakan hak-hak sipil.

Majalah musik Rolling Stone pernah menempatkan Bob Dylan dalam urutan kedua di jajaran "Greatest Artists of All Time". Dylan hanya kalah satu tingkat tepat di bawah The Beatles. Kendati, sejatinya band yang dipimpin John Lennon dan Paul McCartney ini termasuk band yang terpengaruh (influence) gaya bermusik Dylan dan sering mendengarkan lagu-lagu milik Dylan.

Tentu saja penghargaan dari media musik tersebut berkaitan dengan fakta bahwa perjuangan dan dedikasi Bob Dylan di dunia musik sudah sangat panjang serta mengagumkan.

Musisi Multidimensional

Dia adalah musisi mulltidimensional, penyanyi, penulis lagu, sastrawan, dan disc jockey. Dylan bahkan berhasil memprovokasi lahirnya sejumlah genre dalam musik pop, termasuk folk-rock dan country-rock.

Seperti halnya Beatles, Dylan mencampur berbagai jenis musik sehingga hasilnya lebih enak didengar. Ia adalah vokalis yang sangat berpengaruh sekaligus musisi yang memiliki begitu banyak karakter melalui suaranya. Namun yang paling mengesankan adalah bagaimana dia dipengaruhi oleh kehidupan yang penuh perubahan.(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini