Sukses

Man of Steel, Perselisihan Jenderal Zod dan Superman

Man of Steel merupakan film reboot atau daur ulang tokoh superhero fiksi Superman. Bagaimanakah kisah terbarunya ini?

Lama ditunggu oleh para penggemar, akhirnya Superman tampil kembali di layar lebar seluruh dunia. Berjudul Man of Steel, pastinya fans salah satu tokoh komik Amerika Serikat yang sangat terkenal di seluruh dunia ini, akan terpuaskan begitu melihat aksi terbaru sang pahlawan dari planet Krypton.

Man of Steel sendiri merupakan reboot atau daur ulang dari film-film Superman yang sudah ada. Ini merupakan kesekian kalinya Superman dibuat ke dalam bioskop. Superman pertama kali difilmkan pada 1978 silam dan sempat menjadi film superhero paling terkenal saat itu.
 
Berbeda dengan film-film yang sudah ada, Man of Steel melibatkan para pembuat adaptasi film-film milik DC Comics. Salah satunya adalah Batman, superhero yang terkait erat dengan Superman. Superman dan Batman sama-sama berasal dari satu perusahaan komik tersebut.

Adalah, Zack Snyder, Christopher Nolan dan David S. Goyer yang masing-masing pernah terlibat pembuatan beberapa film adaptasi komik DC seperti Watchmen, Batman Begins dan The Dark Knight.

Awal cerita Man of Steel hampir menyerupai film klasik Superman. Film dibuka dengan adegan yang bertempat di Planet Krypton, tempat asal lahir Superman. Jor-El, salah satu tokoh paling berpengaruh di planet itu, baru saja dikaruniai seorang putra setelah istrinya, Lara melahirkan. Bayi tersebut pun diberi nama Kal-El.

Selang beberapa saat, Jor-El memperingatkan kepada dewan di planet Krypton bahwa inti planet mereka sudah tidak stabil hingga bisa menyebabkan ledakan besar yang menyebabkan kehancuran pada planet. Di saat dewan sedang melakukan pembahasan evakuasi, datanglah sosok bernama Jenderal Zod bersama para pengikutnya. Ia mengajak Jor-El bergabung bersama kelompoknya.

Kekacauan pun terjadi hingga akhirnya Jor-El dan Lara membawa Kal-El ke sebuah kapal. Pertarungan antara Jor-El dengan Jenderal Zod pun tak terelakkan. Akhirnya, Kal-El pun dilontarkan ke Bumi sementara Jenderal Zod ditangkap dan dbuang ke Phantom Zone yang meyerupai Lubang Hitam sambil bersumpah akan menemukan Kal-El suatu saat nanti. Tak lama, planet kampung halaman Kal-El pun hancur dan musnah.

Beberapa tahun kemudian, Kal-El yang sudah tumbuh dewasa kini menjadi penduduk planet Bumi. Di sana, ia diberi nama Clark Kent. Suatu hari, Clark sedang berada di sebuah perahu dan menerima panggilan dari nelayan lain untuk meminta bantuan atas terbakarnya sebuah kilang minyak terdekat. Clark dengan sigap datang dan memberikan bantuan sambil menyelamatkan orang-orang yang ada di sana. Malangnya, sebuah besi membuatnya terjatuh ke dalam lautan.

Selama pingsan, Clark pun kembali teringat kilas balik kehidupannya di masa lalu. Dari mulai saat ia diasuh oleh Martha dan Jonathan Kent sejak masih bayi, hingga beberapa kejadian mengharukan ketika ia sudah mulai agak besar. Akhirnya, Clark pun tiba di sebuah bar dimana terdapat seorang pelayan yang sedang dilecehkan. Clark mencoba menghentikannya, ia pun berhasil merusak mobil milik pelaku pelecehan.

Sementara itu, reporter bernama Lois Lane datang ke Kutub Utara dan tiba di sebuah gua dimana terdapat kapal besar milik penduduk Krypton di dalamnya. Saat mengambil sebuah perangkat khusus planet Krypton, Lois salah menggunakannya hingga akhirnya diserang. Beruntung, Clark tiba-tiba datang dan menyelamatkannya. Di situlah Lois bertemu Clark untuk pertama kali.

Aksi penyelamatan Clark membuat Lois tertarik untuk menceritakannya di kota tempat tinggalnya, Metropolis. Clark yang kembali ke gua pun menyadari bahwa Jor-El adalah ayah kandungnya. Dari situlah, Clark mengetahui kekuatannya dan mencoba mempraktekkan apa yang ia dapatkan di dalam gua itu.

Pertemuan Clark dan Lois pun berlanjut hingga akhirnya terungkaplah penyebab kematian Jonathan Kent, ayah angkat Clark. Akhirnya cerita tersebut menjadi bahan tulisan Lois dan menjadi berita besar. Clark pun pergi menemui ibunya untuk memberitahukan bahwa dirinya sudah mengetahui dari mana ia berasal.

Cerita semakin seru saat Jenderal Zod tiba-tiba datang ke Bumi dan membuat siaran langsung dengan menyebut nama Kal-El. Ia mengancam akan membuat penduduk Bumi menderita jika Kal-El tidak muncul selama 24 jam ke depan. Situasi semakin kompleks saat Jenderal Zod sudah mulai mengetahui banyak informasi mengenai Kal-El.

Bagaimanakah perselisihan antara Kal-El dan Zod berakhir? Apa yang diinginkan Jenderal Zod dari Kal-El? Apakah Superman benar-benar menjadi pahlawan penyelamat bumi dalam film ini? Jawabannya bisa disaksikan di bioskop terdekat. Man of Steel tayang di Indonesia sejak hari ini (14/6/2013).(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini