Sukses

Lagu 'Hidupku Sepi Tanpamu', New Syclon Menjiplak?

New Syclon sedang meniti tangga kesuksesan berkat single 'Hidupku Sepi Tanpamu'. Namun kabarnya, single tersebut hasil menjiplak.

New Syclon sedang meniti tangga kesuksesan berkat single berjudul Hidupku Sepi Tanpamu yang banyak disukai. Namun kabarnya, single tersebut hasil jiplakan.

Seperti dikupas dalam sebuah blog, lagu 'Hidupku Sepi Tanpamu' yang mengangkat nama New Syclon diduga hasil jiplakan dari lagu karya band Shifter yang dibuat pada 2001 yang berjudul Kaulah Nafasku. Mengamati kedua lagu tersebut, bisa dibilang lagu tersebut sangat mirip.

Bukti-bukti kalau lagu Hidupku Sepi Tanpamu-nya New Syclon dengan lagu Kaulah Nafasku milik Shifter mirip bisa dilihat dari nada mau pun syair. Dari nada, kedua lagu tersebut hampir tak ada bedanya. Begitu juga dengan syair lagu. Hanya, syair lagu dari New Syclon lebih ringkas dari yang dibuat Shifter.

Syair lagu Kaulah Nafasku dari Shifter:

Pernah terlintas di dalam hariku
Untuk pergi jauh tinggalkan dirimu
Pernah terlukis dalam batinku
Mencoba membunuh semua rasa ini

Reff :
Namun ku akui hidupku sepi tampamu
Dan tak ingin ku terpisah denganmu
Karna kaulah nafasku

Kucinta dirimu kubenci hadirmu
Yang slalu runtuhkan teguhnya janjiku
Mengapa kita mesti begini
Satu rasa harus terapung disini

Kucinta dirimu lebih dari yang kau tahu
Meskipun ku perih bila kau ada disisiku
Dimanakah kini kau tempatkan aku melati
Diriku ingin diakui…

Syair lagu Hidupku Sepi Tanpamu dari New Syclon:

Pernah terlintas dalam hidupku

Untuk pergi jauh melupakanmu
Dalam batinku pernah terlukis
Mencoba membunuh smua rasa ini

Kucinta dirimu, kubenci hadirmu
Yg slalu runtuhkan teguhnya janjiku
Mengapa kita? Meski begini satu rasa harus terapung disini

Reff :
Namunku akui hidupku sepi tanpamu
Dan tak ingin ku berpisah denganmu. 2x

Shifter tebentuk sekitar 1998-1999 dengan nama Postterapy. Band yang saat itu dimotori oleh Bodink sang vokalis itu kemudian menelurkan album berjudul Usia Dini (2001), Yang Tersembunyi Namun Nyata (2002) dan Berharap (2009). Dan lagu Kaulah Nafasku ada dalam album Yang Tersembunyi Namun Nyata.

Sedangkan New Syclon tebentuk pada 2006 dari sekelompok remaja asal Pelabuhan Ratu, Jawa Barat yang beranggotakan Aries (gitar) dan Randi (drum). Kemudian Beybella sang vokalis masuk di tahun 2012 dan akhirnya merilis single Hidupku Sepi Tanpamu.

Ketika dikonfirmasi kepada Indo Musik, label yang menaungi New Syclon, mereka membantah kalau lagu Hidupku Sepi Tanpamu merupakan hasil menjiplak karya band Shifter.

"Isu itu dari zamannya lagi ramai di Facebook banyak yang ngaku-ngakuin. Dari band yang sudah banyak yang mengakui, kami sudah datangi, bahkan sampai ke Lampung. Tapi mereka nggak punya bukti. Dan bukti-bukti yang ada, dari coret-coretan lagu yang punya itu cuma New Syclon," kata Dino, perwakilan dari Indo Musik.

Soal Shifter yang memiliki lagu Kaulah Nafasku sejak 2001, sedangkan New Syclon baru pada 2004 juga dianggap Dino tak bisa membuktikan kalau New Syclon menjiplak dari Shifter.

"Sekarang, kalau lagu itu Shifter yang buat, seharusnya lagu itu terkenal dong. Tapi kan orang tahunya yang membuat lagu tersebut terkenal kan New Syclon. Sekarang itu banyak yang mengaku-ngaku ini lagu milik dia, karena lagu ini jadi terkenal. Dulu kok diam saja," kata Dino.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.