Sukses

JK Rowling Ngamuk Identitasnya Dibocorkan

JK Rowling geram setelah mengetahui nama samaran untuk menulis The Cuckoo's Calling, dibocorkan oleh firma hukum yang ia gunakan.

JK Rowling geram setelah mengetahui nama samaran yang digunakan untuk menulis novel The Cuckoo's Calling, dibocorkan oleh firma hukum yang ia percaya. Dalam novel tersebut, ia menyamar sebagai ayah dua anak dan seorang mantan penyelidik rahasia.

"Aku sangat marah karena kepercayaanku disalahgunakan," katanya melalui pernyataan seperti diberitakan BBC, Senin (22/7/2013).

Dirinya mengaku hanya segilintir orang yang tahu nama samarannya. Ia geram lantaran orang yang tak mengenalnya bisa mengetahui rahasia besar tersebut.

Russells Solicitors -- firma hukum yang digunakan JK Rowling -- pun meminta maaf. Istri pengacara perusahaan tersebut, Chris Gossage, berkata pada seseorang sahabatnya, Judith Callegari bahwa Robert Galbraith sebenarnya Rowling.

Menurut perusahaan, peristiwa itu terjadi saat percakapan pribadi dan di antara orang sangat dipercaya. Callegari kemudian mengungkapkan nama samaran Rowling kepada seorang jurnalis Sunday Times melalui Twitter pada 9 Juli. Spekulasi beredar bahwa hal tersebut merupakan salah satu trik pemasaran. Tapi Russells membantah rumor tersebut.

"Kami mengonfirmasi bahwa kebocoran ini bukan dari rencana pemasaran dan JK Rowling, agen, dan penerbitnya tidak terlibat."

The Cuckoo's Calling adalah sebuah novel detektif tentang tokoh bernama Cormoran Strike. Sebelum terungkap ditulis oleh JK Rowling, novel tersebut laku 1.500 kopi. Begitu terungkap siapa penulis sebenarnya, penjualan novel melejit lebih dari 5.000 kopi dan menjadi urutan teratas di Amazon.(Asw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.