Sukses

5 Film Horor Tersuram yang Diambil dari Kisah Nyata

Dari sekian banyak film horor bernuansa suram yang sudah diproduksi Hollywood, banyak juga yang diangkat dari kisah nyata. Apa saja?

Dalam membuat film horor, para penulis naskah biasanya mengandalkan imajinasi yang ada di dalam kepala mereka untuk menuangkan hal-hal seram ke dalam layar. Akan tetapi, banyak juga yang menulisnya berdasarkan data-data maupun informasi yang memang ada di dunia nyata.

Kebanyakan film horor mengandalkan suasana yang suram serta misterius agar nuansa mengerikan bisa terlihat di sepanjang film. Beberapa juga menampilkan sosok-sosok yang suram serta efek suara menggelegar agar tempak mengejutkan.

Dari sekian banyak jenis film horor, baik itu supranatural serta eksorsisme, terdapat beberapa judul tersuram yang pernah diambil dari kisah nyata. Akan tetapi, tak semua hasilnya terlihat luar biasa.

Lantas, film apa sajakah yang diangkat dari kisah nyata dengan menghadirkan nuansa yang benar-benar suram dan mencekam? Berikut judul-judulnya.

1. The Conjuring (2013)

Film arahan James Wan ini baru saja dirilis pada 19 Juli 2013 lalu. Mengambil tema rumah dengan lingkungan yang disinggahi arwah-arwah penasaran, film ini diambil dari cerita nyata pasangan ahli paranormal Ed dan Lorraine Warren saat mereka mengunjungi rumah keluarga Perron pada 1971 lalu.

2. The Exorcist (1973)

Seperti judulnya, film mengisahkan tentang pengusiran setan yang dilakukan oleh dua orang pastur terhadap seorang gadis 12 tahun. Kabarnya, kisah ini diambil dari cerita nyata dimana terdapat seorang anak 13 tahun yang mampu melakukan upacara pengusiran arwah pada 1949.

3. The Exorcism of Emily Rose (2005)


Memiliki konsep ala film pengadilan, film ini mengisahkan tentang seorang pendeta yang diadili setelah melakukan upacara pengusiran roh jahat terhadap seorang wanita muda bernama Emily Rose hingga akhirnya Emily tewas.

Sosok gadis Jerman bernama Anneliese Michel merupakan inspirasi utama yang menjadi latar belakang dibuatnya film ini. Anneliese tewas di usia 23 pada 1976 setelah 10 bulan diduga kerasukan arwah jahat. Sosok dua pendeta yang dipenjara pun juga ada di kehidupan nyata.

4. The Amityville Horror (1979)


The Amityville Horror merupakan salah satu film horor yang diambil dari kejadian paling misterius sepanjang sejarah Amerika Serikat. Bercerita mengenai keluarga Lutz yang pindah rumah di tepi sungai, tiba-tiba mereka pun diganggu oleh sosok-sosok mengerikan yang diduga merupakan arwah dari korban pembunuhan massal.

5. The Entity (1981)

Bercerita mengenai kejadian misterius yang menimpa seorang ibu tunggal beranak 3, mulai dari halusinasi, gangguan fisik, hingga pemerkosaan yang tak kasat mata. Kisah ini diketahui berasal dari kejadian yang dialami oleh Doris Bither yang sering melihat sosok mengerikan setelah pindah bersama keluarganya ke sebuah rumah kuno pada 1980.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.