Sukses

Ustad Solmed: Pemugaran Makam Uje Tak Langgar Aturan Agama

Ustad Solmed mendukung tentang rencana pemugaran makam Uje. Menurut Ustad Solmed, hal itu tidak bertentangan dengan agama.

Ustad Solmed mendukung rencana pemugaran makam sahabatnya, Ustad Jefri al-Buchori (Uje). Menurut Solmed, walau pemugaran tersebut dianggap telah melanggar Peraturan Daerah (Perda) DKI, namun sama sekali tidak melanggar aturan agama.

Sementara beberapa waktu lalu, Pemda DKI Jakarta pernah melayangkan surat teguran kepada keluarga Uje mengenai pelanggaran Perda Nomor 3 Tahun 2007 tentang Standarisasi Makam.

"Kalau kita bicara aturan agama sih itu diperbolehkan, kita lihat makam Bung Hatta lebih dari makamnya Uje. Saya pikir sederhanalah," ujar Ustad Soleh Mahmoed dalam wawancara di kawasan Pancoran, Rabu (2/10/2013).

Menurut suami April Jasmine itu, pemugaran makam Uje hanyalah bentuk penghormatan yang bisa dimaklumi. Solmed juga berharap Uje dapat tenang di alamnya.

"Penghormatan sah-sah saja. Tidak ada masalah dalam Islam. Kalau memang ada masalah ya bagaimana ya, saya berharap Uje menikmati di alamnya, nggak ada persoalan. Harusnya sebagai bentuk penghargaan saja," katanya.

Namun, Solmed mengaku tak tahu menahu terkait aturan Pemda tersebut. Dia juga meminta agar makam sahabatnya itu tak perlu dipindahkan.

"Perda saya nggak tahu, tapi nggak usah dipindahkan. Keputusan lebih kebijaksanaan lebih oke lebih enaklah ya. Harus diselesaikan secara internal," katanya. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini