Sukses

Sang Kiai Gagal Masuk Nominasi Piala Oscar

The Academy of Motion Picture Arts and Sciences akhirnya mengumumkan sembilan film yang masuk ke dalam nominasi 'Best Foreign Language Film'

The Academy of Motion Picture Arts and Sciences akhirnya mengumumkan sembilan film yang masuk ke dalam nominasi 'Best Foreign Language Film'.

Terpilih dari 76 film yang dikirim dari seluruh dunia, kesembilan film ini nantinya akan diperkecil lagi menjadi lima untuk diumumkan sebagai nominasi akhir pada 16 Januari 2014 mendatang.

Berikut daftar lengkapnya:

1. The Broken Circle Breakdown (Belgia)
2. Omar (Palestina)
3. The Missing Picture (Kamboja)
4. The Hunt (Denmark)
5. Two Lives (Jerman)
6. The Grandmasters (Hong Kong)
7. The Notebook (Hungaria)
8. The Great Beauty (Italia)
9. An Episode in the Life of an Iron Picker (Bosnia dan Herzegovina)

Dari sembilan nominasi yang disebutkan, kejadian mengejutkan muncul dari keabsenan salah satu negara langganan oscar, Iran. Padahal, membawa film The Past sebagai andalannya, karya sutradara Asghar Farhadi ini sudah meraih banyak penghargaan sejak dirilis di Cannes Film Festival pada 17 Mei 2013 lalu.

Bahkan, tak hanya dinominasikan sebagai Film Berbahasa Asing Terbaik di ajang Critic's Choice Awards 2014, film The Past juga mampu mencantumkan diri di penghargaan Golden Globe Awards 2014. Sayang, meski teriakan kemenangan seolah sudah menyebar dimana-mana, film ini nyatanya gagal mendapatkan puncak kemenangannya di panggung Oscar.

Senada dengan The Past, film asal Indonesia 'Sang Kiai' juga gagal memasukan namanya sebagai nominator Best Foreign Language Film'. Diketahui, setelah berhasil menggondol empat Piala Citra di Festival Film Indonesia (FFI) 2013 dan menyabet gelar Film Terbaik, film garapan sutradara Rako Prijanto itu rupanya tetap belum mampu meyakinkan para juri Oscar.

Alhasil, dengan pengumuman tersebut, tak ada film Indonesia yang masuk ke ajang Oscar di tahun ini.

Seperti diketahui, Film Sang Kiai yang menceritakan tentang perjuangan tokoh pendiri Nahdlatul Ulama KH. Hasyim Asy'ari itu memperoleh empat Piala Citra untuk kategori Film Bioskop Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor Pendukung Pria Terbaik, dan Penata Suara Terbaik dalam FFI 2013 yang digelar di Marina Convention Center, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu (7/12/2013) lalu.(Feb)

Baca juga:
Film Sang Kiai Menuju Piala Oscar
Sang Kiai Jadi Film Terbaik FFI 2013

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini