Sukses

Shogakukan Manga Awards ke-59 Menangkan Magi dan Kanojo wa Uso

Lima pemenang Shogakukan Manga Awards ke-59 diumumkan berdasarkan kategori masing-masing, salah satunya adalah Magi.

Bagi para penggemar manga, tentunya sudah tidak asing dengan penghargaan Shogakukan Manga Awards yang menjadi salah satu tolak ukur judul-judul manga berkualitas di Negeri Sakura.

Pada 2014 ini ajang penghargaan bergengsi itu kembali digelar dengan tema Shogakukan Manga Awards ke-59. Pemenangnya pun sudah diumumkan pada Selasa (21 Januari 2014) kemarin.

Setiap judul yang berhasil menjadi pemenang, diberi penghargaan khusus dengan sebuah patung perunggu dan hadiah 1 juta yen (sekitar Rp 115, juta). Lokasinya sendiri diadakan di Imperial Hotel, Tokyo pada 3 Maret 2014.

Lima pemenang pun diumumkan berdasarkan kategori masing-masing. Manga Zekkyo Gakkyu karya Emi Ishikawa yang bertema tentang hantu perempuan bernama Yomi, meraih pemenang kategori anak-anak.

Sementara itu, Magi karya Shinobu Ohtaka yang sangat kental dengan nuansa Timur Tengah dan 1001 Malam, meraih kategori Remaja Pria (Shonen/Boy). Untuk kategori Remaja Wanita (Shojo/Girl), Kanojo wa Uso o Ai Shisugiteru karya Kotomi Aoki yang bermuatan musik dijadikan pemenangnya.

Untuk kategori umum (General), manga Mogura no Uta karya Noboru Takahashi yang bernuansa gangster dan polisi, sukses memenangkannya. Sebuah penghargaan khusus dari hasil penilaian para panitia, diberikan kepada manga klasik Asari-chan karya Mayumi Muroyama.

Shogakukan Manga Awards pertama kali diadakan pada 1956 untuk karya rilisan 1955. Beberapa judul populer di Indonesia yang pernah meraih penghargaan ini antara lain adalah Hikaru no Go (2000), Inuyasha (2002), 20th Century Boys (2003), dan Keroro Gunso (2005). Pada 2013 lalu, Mysterious Joker, Silver Spoon, Piece, dan I am a Hero meraih penghargaan bergengsi ini.(Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini