Sukses

Dari Sinta-Jojo Sampai Justin Bieber, YouTube Ciptakan Selebritis

Kini untuk menjadi terkenal tak harus menunggu lama. Kini semua orang punya berkesempatan yang sama dengan YouTube.

Liputan6.com, Jakarta Justin Bieber, Psy, Greyson Chance, juga stand-up comedian blasteran Jepang-Amerika, Ryan Higa. Sederet nama terkenal yang sukses berkat Internet. Mereka yang semula hanya doyan mengunggah aksinya di salah satu situs layanan video, YouTube, kini merupakan deretan orang terkenal.

Dan uniknya, sebanyak 6.000 orang memadati YouTube FanFest di Singapura Mei lalu, acara yang digelar untuk merayakan mereka yang sukses dan terkenal melalui situs tersebut.

Lihat saja Justin Bieber, cowok kelahiran 1 Maret 1994 itu kini adalah artis pertama di dunia yang memiliki tujuh lagu dari album perdana menduduki tangga lagu Billboard.

Tak lupa Psy, Gangnam Style sempat menjadi fenomena baru, videonya di YouTube menjadi video yang paling banyak ditonton, menyaingi rekor Justin Bieber. Gangnam Style juga adalah video yang paling banyak ditonton di sepanjang masa.

Tak hanya di luar negeri, di dalam negeri pun terjadi hal serupa

Masih ingat dengan Sinta-Jojo yang mendadak populer karena lip-sync lagu dangdut Keong Racun? Berkat aksinya di dunia maya Sinta dan Jojo menjadi sering tampil di televisi, mereka bahkan sempat menjadi bintang iklan.

Juga Norman Kamaru sang polisi yang banting setir menjadi pengusaha bubur? Video goyang india Chaiya Chaiya yang diunggah ke YouTube oleh temannya itu sempat menjadikannya artis dadakan.

Terinspirasi melakukan hal yang sama?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.