Sukses

Ini Kendala Dewi Lestari Ciptakan Lirik Lagu NOAH

Dari nada yang diciptakan Ariel NOAH, Dewi Lestari mencoba menggambarkan sebuah cerita yang bisa mewakili arah lagu tersebut.

Liputan6.com, Jakarta Usai meluncurkan buku terbarunya yang bertajuk Gelombang, penulis Dewi Lestari kembali membuat gebrakan lewat kolaborasinya bersama band asal Bandung, NOAH dalam sebuah single yang diberi tajuk Seperti Kemarin.

Diketahui, dari nada yang diciptakan sang vokalis Ariel, Dewi mencoba menggambarkan sebuah cerita yang bisa mewakili arah lagu tersebut. Dan hasilnya, tema back with vengeance (kembali dengan pembalasan dendam) pun sukses menjadi jawaban yang tepat bagi single tersebut.

"Sampel lagu yang dikirim ke saya sudah diberi judul Seperti Kemarin, dan di demonya Ariel cuma menyanyikan kata-kata 'seperti kemarin' sementara sisanya 'nanana…' (belum ada lirik). Saya hanya sempat menanyakan kepada Ariel via Whatsapp apakah kata-kata “seperti kemarin” ingin dipertahankan dalam lagu," terang Dewi seperti  dikutip dari  akun Facebook pribadinya, Jumat, 21 November 2014.

"Dan menurut Ariel. itu memang kalimat spontan yang tercipta saat lagu itu terbuat. Karena itulah saya pertahankan dan tetap saya jadikan judul. Spontanitas seperti itu menjadi semacam pertanda bahwa memang “nyawa” lagu  berpusat di  kalimat itu,  jadi saya tinggal mengembangkan cerita besarnya saja," lanjut Dewi menegaskan.

Bagi Dewi, kesulitan terbesar dalam menciptakan lirik adalah menentukan tema. Karena itu, dibutuhkan sedikit waktu hingga dirinya bisa menyusun kata per kata dari nada yang sudah ditetapkan Ariel.

" Begitu temanya udah ketemu, cerita lagu biasanya mulai terbentuk, kata-kata pun mulai mengalir. Jadi, berhari-hari saya mendengar lagunya berulang-ulang untuk merasakan spirit melodinya dulu. Dan karena saya penyanyi, saya bisa merasakan susunan kata-kata yang enak dinyanyikan itu seperti apa. Prinsipnya, saya harus enak  dulu menyanyikannya  supaya penyanyinya nanti nyaman,"

Begitu selesai, Dewi pun mencontohkan sampel suaranya ke Ariel agar nantinya tidak terjadi perbedaan dalam cara menyanyikannya. Lantas, dengan  suksesnya  single ini, apakah bakal ada rencana berkolaborasi lagi dengan NOAH?

"Menulis lagu selalu menjadi salah satu passion saya  dalam berkesenian, selain  menulis fiksi dan menyanyi. Pada prinsipnya, kalau  memang saya merasa cocok,  saya bisa berkolaborasi dengan siapa pun," pungkas Dewi.(Feb/Ade)

Baca juga:

Dewi Lestari Bantah Lagu 'Seperti Kemarin' Tentang Ariel-Luna

Lagu Terbaru NOAH Sindir Luna Maya?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini