Sukses

Cerita 5 Artis Cantik yang Pernah Jadi SPG

Shanty, Marissa, Cita Citata, Asri, dan Sarah pernah merasakan pekerjaan itu.

Liputan6.com, Jakarta Anda mengetahui profesi Sales Promotion Girl (SPG)? Ya, pekerjaan yang menawarkan atau menjajakan sebuah barang itu masih dianggap sebelah mata di kalangan masyarakat kota. Bagaimana tidak, kebanyakan SPG yang datang dari kalangan wanita, diharuskan mengenakan pakaian seksi dan cantik.

Ternyata, beberapa artis cantik di Indonesia pernah mengawali karirnya sebagai SPG. Siapa sajakah mereka, berikut daftar yang kita catat.

Baca juga:

Bukti Pernikahan Ludwig-Jessica Iskandar Beredar di Twitter

6 Artis Ini Terlibat Asmara dengan Keluarga Kerajaan

Baru Menikah, 6 Artis Ini Melahirkan

5 Fenomena Olga Syahputra yang Patut Dikenang

Cek Daftar Ini, Anda Termasuk `Haters` atau Fans Syahrini?

5 Pasangan Artis yang Diharapkan Jadi Kekasih di Dunia Nyata

5 Peristiwa Terbesar di Televisi Sepanjang Masa

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Shanty


1. Shanty

Dalam perjalanan karirnya sebagai penyanyi, Shanty mengeluarkan sebuah buku yang menceritakan mengenai kisah hidupnya. Wanita yang menikah dengan pria warga negara asing dan tinggal di Hong Kong ini bahkan akan blak-blakan mengenai awal karirnya sebelum menjadi artis. Yang menarik, Shanty mengaku jika dirinya pernah menjadi SPG.

"Bukunya bukan bercerita tentang aku dari kecil atau biografi semacam milik Kris Dayanti, tapi ingin bercerita tentang dunia hiburan yang sudah 14 tahun kujalani, yang mulai kugeluti mulai dari jadi SPG, ikut casting dan tertipu sana-sini, jadi VJ MTV, model, penari latar, semuanya kucurahkan dalam satu buku," kata Shanty.

Shanty beralasan jika dirinya merasa perlu membagikan pengalamannya agar bisa menjadi pelajaran bagi masyarakat yang ingin menjadi artis.

"Karena aku melihat ketertarikan orang untuk menjadi artis sangat besar, tapi mereka nggak tahu isi dunia hiburan seperti apa. Saya sering gemes dengan komentar orang di Twitter atau dimana pun yang menganggap kalau pekerjaan di dunia hiburan itu selalu enak dan mudah, cuma nyanyi sejam bayarannya besar, padahal banyak yang nggak tahu di balik sebuah penampilan di atas panggung harus melewati proses latihan, promo, dan seringkali semua itu mengharuskan kita untuk nggak tidur," kata Shanty.

3 dari 6 halaman

2. Cita Citata


2. Cita Citata

Pedangdut Cita Citata bisa dibilang tak perlu waktu lama untuk bisa menjadi terkenal seperti saat ini. Namun, Cita mengaku tak mau menjadi sombong ketika sudah menjadi terkenal.

"Untuk menghindari star syndrom aku sering-sering ingat momen susah. Ketika kita di bawah, misalnya aku pernah juga ngerasain ditolak nyanyi, pernah gagal casting, bisnis sepatu tapi bangkrut, pernah juga jadi SPG rokok waktu SMA. Ketika itu aku cari penghasilan sendiri," kata Cita.

Tenar dalam sekejab memang membuat teman dekat Ivan Gunawan ini pun mengaku tak ingin membuat sensasi. Bahkan, Cita mengaku punya cara untuk tetap rendah hati meski sudah populer.

“Nyanyi itu hobi aku, jadi tidak terasa beban.  Yang penting aku fokus memberikan karya terbaik, berusaha senatural mungkin apa adanya aku. Kalau ada gosip, dibawa ketawa aja, buat lucu-lucuan," ujarnya.

4 dari 6 halaman

3. Marissa Nasution


3. Marissa Nasution

Mantan Vj MTV Marissa Nasution merupakan salah satu artis yang pernah menjadi Sales Promotion Girl (SPG). Bahkan, saat menekuni profesi sebagai SPG, Marissa tak pernah berpikir bakal menjadi artis seperti saat ini.

"Saya tak pernah memikirkan akan jadi apa 10 tahun ke depan. Paling jauh saya merencanakan sesuatu untuk enam bulan mendatang dan menikmatinya," kata Marissa.

Meski tanpa perencanaan panjang, Marissa tetap menikmati kegiatannya sebagai model, peragawati, VJ MTV, pemain film, presenter, hingga berbisnis kafe di Bali.

Perempuan berdarah campuran Batak-Jerman itu mengatakan, pekerjaan yang bagi sebagian orang dianggap remeh, seperti menjadi sales promotion girls, telah membantunya menapak karier beragam seperti sekarang.

"Pekerjaan itu memperkuat mental dan semangat saya,” ucapnya.

5 dari 6 halaman

4. Asri Welas


4. Asri Welas

Sosok Asri Welas dikenal setelah sukses berperan sebagai perempuan polos di serial 'Suami-suami Takut Istri'. Sebelum itu, Asri sudah wara-wiri di dunia modeling. Namun, lebih jauh lagi sebelum itu, Asri pernah merasakan menjadi seorang sales promotion girl (SPG).

Ia menuturkan, dirinya memang sosok yang selalu mengambil setiap kesempatan. Bahkan, ia pernah membuka sebuah butik dengan menjual tank top seharga Rp 150 ribu.

"Hidup saya penuh keajaiban. Dari SPG, foto model sampai penyiar tapi gagal, vokal kayak gini speaker bisa pecah. Aku menerima kekurangan. Tapi aku jadi sangat senang, kalau malam kadang berpikir kok bisa jadi gini," ujarnya.

6 dari 6 halaman

5. Sarah Widyanti


5. Sarah Widyanti

Nama Sarah Widyanti Kusuma memang belum tenar. Mantan finalis Indonesian Idol itu kini memang lebih menekuni pekerjaan profesionalnya sebagai seorang pilot. Namun, siapa sangka jika Sarah ternyata juga pernah menjadi SPG.

Seiring dengan pekerjaannya sebagai pilot, dunia artis pun sudah mulai ditinggalkan oleh Sarah.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini