Sukses

Fenomena Balapan dan Lagu Lawas di Sinetron Mutakhir Kita

Tayangan sinetron saat ini mengalami tren, yakni adegan balapan dan menggunakan lagu lawas di soundtrack-nya.

Liputan6.com, Jakarta Tayangan sinetron di layar televisi, khususnya yang melibatkan 2 stasiun TV yang bersaing ketat di papan rating, mengalami pergeseran tren unik dalam 2 bulan belakangan ini. Yang paling kentara adalah fenomena soal tema dan soundtrack.

Hal ini dipicu hadirnya sinetron Pangeran pada 10 Agustus silam di SCTV. Pangeran yang dibintangi Ricky Harun dan Nina Zatulini memulai episode pertamanya dengan adegan kebut-kebutan motor.

Penonton dibuat ikut menahan nafas melihat manuver-manuver berbahaya Ricky diatas jok motor balapnya. Kita melihatnya sebagai hal keren sekaligus bikin ngeri. Meski lalu fokus ke cerita di pesantren, Pangeran sempat kembali menghadirkan adegan balapan beberapa waktu ini.

Menariknya, Pangeran menggunakan lagu lawas milik band besar DEWA 19, "Pangeran Cinta", sebagai lagu tema. Lagu pengiring yang lahir tahun 2004 ini terdengar riuh di sepanjang durasi penayangan. Sudah tak penting rasanya menyamakan cerita dengan lagu tema. Yang terdengar ramai memang sedang digandrungi.

Adegan di GGS Returns. (dok. istimewa)

Flashback sebentar ke tahun lalu saat Ganteng Ganteng Serigala menjadi fenomena. GGS memakai lagu-lagu band Utopia. Beberapa mengatakan sangat jadul. Tapi nyatanya lagu-lagu tersebut begitu cepat nempel di telinga. Maka, lagu mereka macam "Hujan" dan "Serpihan Hati" yang pada tahun 2007 dulu tak bergema justru jadi hits sepanjang tahun 2014.

Lagu band besar lain yang kini kembali naik adalah milik NOAH atau lebih tepatnya sebelum berganti nama, Peterpan. Single "Menunggumu", adalah hasil recycle dari lagu Chrisye feat Peterpan yang meledak di tahun 2004 silam. Lagu ini jadi soundtrack resmi Ganteng Ganteng Serigala Returns, yang mulai tayang di SCTV per 12 Oktober 2015. Mengalun kurang lebih hingga 10 kali dalam 1 episode GGS Returns, membuat Menunggumu ikut mengalir ke tiap nadi penonton setianya.

Serunya, GGS Returns juga menampilkan adegan balapan yang cukup menguras durasi dan cerita di tiap episode. Gang Jessica (Jessica Mila) dan Gank Tristan (Kevin Julio) acap dikisahkan menyelesaikan masalah dengan adu balap motor vs mobil. Sudah tak penting rasanya memikirkan garis besar sinetron ini tentang perseteruan vampir dengan manusia serigala. Yang justru mendominasi adalah lalu-lalangnya kebut-kebutan motor dan mobil. Maka yang terjadi kemudian, GGS Returns kehilangan penonton pendahulunya.

Lain halnya dengan Anak Jalanan. Sinetron yang juga tayang per 12 Oktober ini menonjolkan adegan balapan yang begitu masif dari satu episode ke episode berikutnya. Menilik judulnya, kisah perseturuan geng motor yang diangkat Anak Jalanan justru terasa pas dan segar.

Menariknya seperti Pangeran, Anak Jalanan juga memakai lagu lawas milik DEWA 19 di tahun 2004 yang telah diaransemen kembali oleh T.R.I.A.D, berjudul "Cinta Gila".

Yang terbaru untuk soundtrack lawas yaitu munculnya Pacarku Dari Langit. Sinetron ini baru tayang Senin (2/11/2015). Pacarku Dari Langit mencoba peruntungan berbeda dengan tidak menampilkan adegan balapan. Namun, untuk urusan lagu tema, Pacarku Dari Langit juga mempercayakan lagu lama milik bandnya Melly Goeslaw, Potret bertajuk "Bagaikan Langit". Lagu ini dulu begitu populer di tahun 1998.

Sinetron Pacarku dari Langit. (foto: dok.SCTV)

Menengok data rating untuk 3 sinetron dengan tema dan soundtrack sejenis, Anak Jalanan menjadi yang terunggul. Sinetron yang dibintangi Stefan William ini kokoh di peringkat pertama selama hampir 1 bulan. Pangeran yang di awal selalu berada di puncak, mulai tergerus.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan Pangeran lengser. Setelah sebelumnya dikalahkan GGS Returns yang digdaya untuk episode-episode awalnya, pergeseran jam tayang yang terjadi beberapa kali juga membuat penonton Pangeran bingung. Sementara GGS Returns yang mengawali periode manis di awal mulai ditinggalkan penonton yang kecewa dengan alur ceritanya.

Syahdan, 2 tren ini tak hanya sekedar persaingan siapa yang terbaik atau siapa yang jadi tontonan favorit. Meski tak bisa dibilang pula jika tema dan lagu mempengaruhi selera penonton. Dua stasiun televisi yang mengedepankan tayangan sinetron sebagai ujung tombak penarik atensi mungkin juga tak tahu menahu soal ini karena pemilihan tema dan lagu biasanya mutlak hak prerogatif rumah produksi.

Tapi apakah fenomena ini juga menular ke tayangan sinetron di stasiun TV lainnya?

Di MNC TV, Jagoan Wushu yang baru tayang per 29 Oktober lalu ternyata juga memakai lagu lawas. Kali ini milik lady rocker Nicky Astria. Lagu "Suka" yang pertama meledak di tahun 1998, dibikin versi 2012 dan dijadikan soundtrack sinetron yang dibintangi Dinda Kirana tersebut.

Entah, apakah fenomena ini bakal terus terjadi tahun depan. Namun untuk saat ini melihat reaksi penonton yang menerima baik, bisa dikatakan dua tren ini cukup berhasil. Jika tahun lalu, GGS menjadi pelopor sekaligus trendsetter sinetron ala cinta dua dunia, aksi dan fantasi yang menyebabkan wabah sinetron sejenis di stasiun TV lainnya.

Maka, siap-siap saja menyaksikan serbuan sinetron bertema balapan dan suguhan soundtrack musik lawas beberapa bulan ke depan.** (Puj/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini