Sukses

Sedih, Pengisi Suara Doraemon Tak Ingat Si Kucing Robot

Pengisi suara anime Doraemon, Nobuyo Oyama mengalami kepikunan hingga lupa dengan sang robot kucing.

Liputan6.com, Tokyo Pengisi suara Doraemon di anime versi Jepang, Nobuyo Oyama sudah berdedikasi selama 26 tahun sejak 1979 hingga 2005 sebagai sang kucing robot. Namun, kini keadaan wanita yang sudah menginjak usia 82 tahun itu sungguh memilukan.

Seperti disampaikan Anime News Network, Sabtu (14/11/2015), sejak 13 Mei 2015, sang suami, Keisuke Sagawa menyampaikan bahwa istrinya menderita dementia (kepikunan). "Saya tidak tahu apakah ia masih ingat (menyuarakan Doraemon)," ucap aktor 78 tahun itu.

Sagawa turut mengatakan bahwa sang istri tampaknya tidak memiliki memori tentang anime Doraemon sebagai bagian dari perjalanan hidupnya. Setelah pengumuman itu, Oyama terpaksa harus meninggalkan proyek-proyek terbarunya di masa depan.

Nobuyo Oyama, pengisi suara Doraemon di anime versi Jepang. (japancrush.com)

Keisuke Sagawa mengatakan pada waktu itu bahwa Oyama mulai menunjukkan gejala kepikunan beberapa waktu lalu. Oyama sempat menderita infarksi otak pada tahun 2008, tapi Sagawa mengira gejala demensia hanyalah efek sementara dari penyakit tersebut.

Saat ini, Oyama tengah bermukim di dalam rumahnya dan sedang dirawat sekaligus dibantu oleh manajernya, suaminya, serta pembantu rumah tangga mereka.

Sagawa juga mencatat, meskipun kondisi Oyama seperti itu, namun sang istri masih dapat menangani pekerjaannya sebagai pengisi suara dengan cara melihat naskah.

Nobuyo Oyama, pengisi suara Doraemon di anime versi Jepang. (flickr.com)

Uniknya, Sagawa turut menjelaskan bahwa saat ia mengatakan kepada Oyama supaya tidak harus menggunakan suara Doraemon, suaranya malah menjadi mirip Doraemon secara alami. Hal itu terjadi ketika ia merekam sebuah pengantar untuk album CD.

Pihak agensi, Actors Seven, menyatakan bahwa Oyama harus mendapatkan kekuatannya kembali sebelum ia kembali ke muka publik dan terlibat kembali dengan pekerjaannya.

Anime dan manga Doraemon.

Nobuyo Oyama yang lahir di Shibuya pada 16 Oktober 1933, belakangan masih aktif sebagai Monokuma dalam anime Danganronpa The Animation yang mengudara pada 2012. Ia juga turut mengisi suara Monokuma dalam Danganronpa versi game dan panggung.

Selain mengisi karakter Doraemon, Oyama juga sempat menyanyikan lagu temanya, Doraemon no Uta. Ia juga mengisi suara Kappei Jin dalam anime Muteki Choujin Zambot 3 serta karakter utama dalam anime Hazedon. (Rul/Fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini