Sukses

KALEIDOSKOP 2015: 10 Manga Paling Laris

Simak 10 manga paling laris di pasaran hingga banyak dibeli di tahun 2015.

Liputan6.com, Tokyo - Bertaburnya manga Jepang di sepanjang 2015, mengundang banyak reaksi positif dari para pecintanya di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, antusiasme para pembaca manga semakin meningkat.

Apalagi, terdapat judul-judul yang terlaris di tahun lalu yang dilanjutkan kembali sepanjang 2015 ini. Beberapa sudah tak asing lagi, namun ada juga yang tergolong cukup baru.

Dari sekian banyak judul manga yang terbit di tahun 2015, ada beberapa yang tergolong laris di pasaran. Meskipun begitu, kebanyakan manga masih belum dipasarkan di Indonesia meski di beberapa negara telah terbit.

Anime Kingdom yang diambil dari manga peraih Guinness World Record.

Pada awal bulan ini, chart Oricon mengumumkan puluhan judul manga terlaris di pasaran, terutama dari negeri asalnya, Jepang. Daftar yang ada dihitung sejak 17 November 2014 hingga 22 November 2015.

Ingin tahu apa saja judul-judul manga terlaris di tahun 2015? Simak rangkuman 10 besarnya seperti dikutip dari Anime News Network, awal pekan ini dari tempat ke-10 hingga urutan pertama.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Tokyo Ghoul:re

Tokyo Ghoul:re
Pengarang: Sui Ishida
Terjual: 3.758.541

Sekuel dari manga Tokyo Ghoul ini memang belum diterbitkan di Indonesia. Bahkan, seri pertamanya pun juga belum dipasarkan di tanah air.

Kisahnya bercerita tentang kelanjutan para makhluk dengan julukan ghoul yang suka memakan manusia di lingkungan kota Tokyo.

Jika di kisah pertama, berfokus pada manusia yang bermetamorfosis sebagai ghoul, di sini pembaca disuguhkan oleh anggota tim investigasi ghoul bernama Haise Sasaki.

Menariknya, si tokoh utama ternyata memiliki kaitan yang benar-benar erat dengan karakter utama di seri awal.

3 dari 11 halaman

Prison School

Prison School
Pengarang: Akira Hiramoto
Terjual: 4.058.119

Para pria hidung belang tentu sempat memiliki fantasi untuk bisa mengenyam pendidikan di sekolah tanpa dikomplain. Prison School seolah memberikan gambaran tersebut dengan lima pemuda yang merasa beruntung.

Akan tetapi, kisah utamanya tak seindah khayalan. Para pemuda itu mendapat hukuman di penjara di sekolah wanita saat mendapat hukuman setelah melakukan tindakan mesum tanpa disengaja.

Bahkan, mereka juga mendapat ultimatum dari pihak sekolah andaikan mereka tak mau singgah di penjara. Satu-satunya kemungkinan terburuk bagi ukuran mereka adalah dengan diusir dari sekolah.

Tampilan dalam Prison School memang bertebaran adegan-adegan menggoda yang melibatkan para karakter wanita. Mereka digambarkan sangat menggoda. Tak heran banyak yang membeli judul satu ini.

4 dari 11 halaman

Terra Formars

Terra Formars
Pengarang: Cerita: Yuu Sasuga / Gambar: Kenichi Tachibana
Terjual: 4.188.158

Mencampurkan nuansa fiksi ilmiah, horor, dan laga, Terra Formars dianggap sebagai salah satu manga dengan tema unik yang menarik minat para pembaca dewasa. Sayang, cerita ini belum hadir di Indonesia.

Kisahnya sendiri berawal dari eksperimen para ilmuwan Bumi yang memodifikasi ganggan agar atmosfer di Mars bisa seperti Bumi. Mereka lalu menaruh bangkai kecoa di planet tersebut sebagai makanannya.

Lima ratus tahun kemudian, kapal angkasa dari Bumi mendarat di Mars. Sayangnya, enam kru mendapat serangan dari makhluk raksasa berwujud kecoa.

Akhirnya, belasan tahun kemudian dikirimkanlah tim khusus yang dibuat untuk membasmi para kecoa jadi-jadian itu. Cerita pun menjadi semakin menarik dengan adanya mutasi genetik di setiap anggotanya.

5 dari 11 halaman

Food Wars! Shokugeki no Soma

Food Wars! Shokugeki no Soma
Pengarang: Cerita: Yuto Tsukuda / Gambar: Shun Saeki / Kerjasama: Yuki Morisaki
Terjual: 4.321.830

Manga bertema masak memasak memang sudah cukup banyak beredar di pasaran. Namun berbeda dengan Food Wars! Shokugeki no Soma yang menggambarkan seorang anak dengan tekad melebihi sang ayah.

Anak bernama Soma Yukihira itu berniat untuk bekerja di restoran samping tempat ayahnya memasak. Pada akhirnya, sang ayah yang menutup tokonya demi menjelajahi dunia.

Malah, sang ayah menantang anaknya untuk bisa bertahan di sekolah khusus kuliner di mana persaingannya sangat ketat hingga hanya 10 persen yang lolos dari situ.

Satu per satu langkah Soma pun membawanya kepada tekad baru, yaitu terus berkembang untuk menjadi lebih baik. Terlebih lagi saat ia menemukan banyak bibit unggulan baru.

6 dari 11 halaman

Haikyu!!

Haikyu!!
Pengarang: Haruichi Furudate
Terjual: 6.531.508

Mengambil tema olahraga bola voli, Haikyu!! memiliki cerita yang mampu membuat para pembaca bersemangat untuk menatap ke depan. Usaha sang tokoh utama memberikan energi tersendiri.

Shoyo Hinata, murid SMP yang jatuh cinta dengan voli, menjadi sorotan manga satu ini. Namun tubuh pendeknya menjadi kendala tersendiri yang tak dipermasalahkan olehnya.

Berkat usahanya yang keras, Hinata mampu membentuk klub bola voli di sekolahnya dan mulai berlatih sendiri. Awalnya ia hanya mampu merekrut tiga teman, namun seiring berjalannya waktu, dua temannya pun melengkapi formasi klub.

Perjalanannya diwarnai oleh persaingan baru dengan tim lain yang mengalahkan klubnya di satu turnamen. Akhirnya, Hinata pun semakin matang saat ia tiba di bangku SMA. Namun, kejutan lain datang kepadanya. Sayang manga ini belum tiba di tanah air.

7 dari 11 halaman

Kingdom

Kingdom
Pengarang: Yasuhisa Hara
Terjual: 8.569.215

Manga Kingdom yang belum ada di Indonesia, bertempat di kerajaan kuno Tiongkok di mana fokusnya menyorot karakter Xin dan Piao. Keduanya adalah anak yatim piatu yang besar di kerajaan Qin.

Sama-sama bermimpi untuk menjadi Jenderal paling hebat, tiba-tiba saja Piao diambil ke istana untuk tujuan yang tak diketahui. Xin pun hidup sendirian sebagai budak di satu desa para petani.

Beberapa bulan kemudian, Piao kembali ke desa untuk memperingatkan Xin agar pindah ke desa lain. Ditemuilah sosok yang sangat mirip dengan Piao, yaitu Ying Zheng, Raja Qin.

Xin lalu menyadari bahwa Piao yang sekarat hanya bertindak sebagai sosok pengganti Ying Zheng yang rawan dihabisi lawannya. Meskipun awalnya marah kepada Ying Zheng, namun Xin menganggap hal tersebut sebagai kesempatan baginya untuk menggapai impian.

8 dari 11 halaman

Assassination Classroom

Assassination Classroom
Pengarang: Yusei Matsui
Terjual: 8.605.861

Assassination Classroom adalah manga paling unik yang pernah ada. Barangkali, keunikannya itulah yang membuatnya menjadi terlaris kelima di sepanjang 2015 ini.

Manga yang sudah terbit di Indonesia ini, berkisah pada satu sekolah yang terancam oleh sesosok alien berbentuk imut. Makhluk yang dipanggil oleh Koro-sensei itu justru menjadi guru di sebuah kelas pada satu sekolah.

Sang alien pun mengancam akan menghancurkan Bumi andai tak ada yang mampu membunuhnya dengan penuh perasaan. Padahal, Koro-sensei tak mudah dibunuh begitu saja.

Seiring berjalannya waktu, ternyata alien bertubuh kuning itu memiliki watak yang lebih manusiawi ketimbang guru-guru lain dari kalangan manusia. Beberapa murid yang menyadarinya pun malah menjadi sayang kepadanya.

9 dari 11 halaman

Attack on Titan

Attack on Titan
Pengarang: Hajime Isayama
Terjual: 8.778.048

Seperti halnya di tahun-tahun sebelumnya sejak awal terbit, manga Attack on Titan juga terhitung sangat laris di sepanjang 2015 ini. Bahkan fans di Indonesia sudah bisa menemukannya di toko buku.

Kisahnya sendiri berpusat pada upaya manusia yang bertahan hidup dari para Titan (makhluk raksasa) yang memakan setiap manusia yang ada di hadapannya.

Manusia pun berusaha untuk bisa tetap hidup di dalam tembok raksasa. Pada satu masa, para raksasa berhasil menjebol tembok dan umat manusia pun terancam hidupnya.

Pasukan khusus pembasmi Titan yang didanai oleh kerajaan pun merekrut generasi baru yang berjuang mati-matian dari terkaman Titan. Tiga sekawan Eren, Mikasa, dan Armin yang merupakan tokoh utamanya, merupakan bagian dari pasukan khusus tersebut.

10 dari 11 halaman

The Seven Deadly Sins

The Seven Deadly Sins
Pengarang: Nakaba Suzuki
Terjual: 10.304.112

The Seven Deadly Sins memberikan satu angin segar bagi para pecinta manga. Kisahnya berpusat pada kelompok Seven Deadly Sins yang memberontak terhadap para ksatria suci. Setelah satu kejadian, mereka bertujuh terpisah-pisah.

Awal cerita, kita diperkenalkan pada Melodias yang dihampiri oleh putri bernama Elizabeth. Ia mencari anggota Seven Deadly Sins agar bisa menghentikan kudeta terhadap sang raja yang dilakukan oleh para Ksatria Suci.

Melodias yang hanya berprofesi sebagai pemilik bar pun sempat bingung dengan apa yang menerpa Elizabeth. Ketika Ksatria Suci datang ke tempatnya, ia pun menunjukkan jati diri sebenarnya.

Manga ini sudah terbit di Indonesia dan baru saja meraih penghargaan bergengsi di Jepang. Setiap karakter digambarkan secara unik dan ceritanya sangat menarik diikuti.

11 dari 11 halaman

One Piece

One Piece
Pengarang: Eiichiro Oda
Terjual: 14.102.521

Lagi-lagi One Piece merajai pasar manga di Jepang sepanjang 2015 setelah terbit sangat lama. Di tahun ini, kisah One Piece sudah mencapai tahap di mana Luffy dan kawan-kawan semakin kuat.

Sekedar mengingatkan kembali, manga yang sudah terbit di Indonesia sejak lama ini, bercerita tentang pemuda bernama Monkey D. Luffy yang memiliki cita-cita sebagai raja bajak laut.

Sadar bahwa ia tak mampu berdiri sendiri, Luffy pun mengajak orang-orang yang dianggap cocok saat ia temui menjadi anggota grup bajak laut bentukannya.

One Piece selama ini telah menjadi manga terlaris dan tersukses melebihi Dragon Ball dan Naruto. Banyaknya bumbu humor dan filosofi tersendiri membuat kisahnya semakin menarik untuk diikuti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.