Sukses

6 Drama Korea Paling Fenomenal dalam Satu Dekade

Berikut ini adalah 6 drama Korea tersukses dalam satu dekade yang sayang dilewatkan.

Liputan6.com, Seoul - Drama Korea merupakan salah satu acara hiburan paling diminati masyarakat di Korea dan negara lainnya. Di antara sekian banyak drama yang diproduksi setiap tahun, tentu ada drama yang tergolong sebagai drama paling sukses.

Kesuksesan sebuah drama Korea bisa diukur dari beberapa aspek, salah satunya dari rating. Drama Korea bisa dikatakan sukses apabila telah mencapai rating lebih dari 20 persen. Drama yang telah mencapai rating 20 persen sendiri tentu sudah banyak.

Namun, hanya sedikit Drama Korea yang mampu pecahkan rekor lebih dari 30 persen, yang berarti drama tersebut tergolong meraih kesuksesan yang fantastis. Efeknya sudah pasti tak hanya dirasakan di Korea saja, taoi juga di negara-negara lainnya, terutama Asia. 

Berikut ini adalah enam drama Korea tersukses dan paling fenomenal selama kurang lebih satu dekade terakhir yang berhasil dirangkum oleh Liputan6.com berdasarkan perhitungan rating versi AGB Nielsen maupun TNmS Korea. Apa sajakah itu?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Boys Before Flowers - 2009

Boys Before Flowers merupakan drama yang bercerita tentang seorang gadis biasa bernama Geum Jan Di (Goo Hye Sun), yang mendapat kesempatan menjadi siswi di sekolah paling bergengsi di Korea Selatan.

Di awal masa sekolah Jan Di harus menghadapi konfrontasi dari F4 akibat status sosial Jan Di yang dianggap rendah. F4 sendiri terdiri dari Gu Jun Pyo (Lee Min Ho), Yoon Ji Hoo (Kim Hyun Joong), So Yi Jung (Kim Bum), dan Song Woo Bin (Kim Joon).

Boys Before Flowers

Mereka adalah anak-anak paling kaya dan paling berkuasa di sekolah Shinhwa dan di Korea Selatan. Namun, mereka menggunakan kekuasaan untuk meneror siswa lemah atau orang-orang yang tidak suka pada mereka. Tak disangka, sang pentolan F4, Goo Jun Pyo, menaruh hati pada Jan Di, dan Konflik pun dimulai.

BBF yang disiarkan pada 2009 ini tayang perdana dengan perolehan rating mencapai 13 persen berdasarkan AGB Nielsen Korea. Rating itu terus meningkat hingga di episode 16 menyentuh angka 30 persen.

Berkat respons penonton yang baik serta mengalirnya permintaan perpanjangan episode, drama ini akhirnya diperpanjang sebanyak lima episode dan tamat dengan perolehan rating tinggi, sebesar 32,7 persen. Kehadiran drama ini juga menjadi awal munculnya Korean Wafe di Indonesia.  

3 dari 7 halaman

Brilliant Legacy - 2009

Brilliant Legacy bercerita tentang seorang anak yang kaya raya bernama Eun Seong (Han Hyo Joo), yang tidak menyukai ibu tirinya karena sifatnya yang begitu tamak.

Tak lama kemudian, ayah Eun Seong tiba-tiba meninggal dunia, dan harta kekayaan milik keluarga Eun Seong dirampas dan dikuasai oleh ibu tirinya itu. Setelah itu ia hidup menderita dan miskin. Namun berkat kemampuannya memasak, ia bekerja di sebuah restoran milik keluarga Sun Woo (Lee Seung Gi).

Brilliant Legacy

Tak disangka, Eun Seong dan Sun Woo saling mencintai. Sun Woo pun membantu Eun Seong dalam melewati kesulitan hidupnya.

Brilliant Legacy tayang dengan perolehan rating 16,9 persen versi TNmS Korea pada episode perdananya. Rating terus meningkat hingga menembus angka 33,4 persen di episode 12.

Berkat plot cerita yang bagus dan stabil, drama yang memiliki nama lain Shining Interest ini akhirnya tamat dengan perolehan rating tinggi sebesar 47,1 persen.

4 dari 7 halaman

King of Baking, Kim Tak Goo - 2010

King of Baking, Kim Tak Goo (Yoon Shi Yoon) bercerita tentang kisah anak di luar nikah antara Presiden Direktur perusahaan roti dengan pelayannya. Meski statusnya sebagai anak di luar nikah, nyatanya ia diangkat menjadi pewaris ayahnya karena ia memiliki kemampuan yang luar biasa dalam mengolah roti.

Namun, predikat hak waris Tak Goo ingin dirampas oleh istri sah ayah Kim Tak Goo dan juga anaknya (Joo Won). Namun hal tersebut tidak menjadikan Tak Goo menanam kebencian.

King of Baking

Ia bertekad menjadi pengusaha roti dari nol. Dengan semangat dan sifat pantang menyerah, Tak Goo dapat melewati masa-masa sulit dalam hidupnya demi meraih impiannya sebagai pengusaha roti.

Plot drama yang kekeluargaan tampaknya sangat pas di hati pemirsa Korea, terbukti dari pencapaian rating yang terbilang fantastis. King of Baking, Kim Tak Goo tayang dengan perolehan rating sebesar 14,2 persen versi AGB Nielsen, episode ketiga rating melesat hingga ke angka 26,4 persen.

Memasuki episode enam, rating menyentuh angka 31,1 persen dan terus meningkat tajam hingga drama ini tamat dengan perolehan rating sebesar 49,3 persen versi AGB Nielsen dan 50,8 persen versi TNmS. Bisa disimpulkan sebagian dari warga Korea menyaksikan akhir cerita drama legendaris ini.

5 dari 7 halaman

Secret Garden - 2011

Drama ini bercerita tentang Gil Ra (Ha Ji Won), yang berprofesi sebagai pemeran pengganti serta hidup sederhana dan rendah hati.

Gil Ra memiliki keelokan tubuh yang dicemburui seorang aktor top bernama Kim Joo Won (Hyun Bin). Joo Won adalah seorang CEO kaya raya, tapi arogan. Pertemuan antara Gil Ra dan Joo Won pun terjadi secara kebetulan ketika ia menduga Ra Im adalah aktris cantik Park Cae Rin.

Drama ini tayang dengan perolehan presentasi cukup tinggi di episode perdana dengan angka 17,2 versi AGB Nielsen. Pada episode ke empat, perolehan rating menyentuh angka 21,5 persen.

Tak berhenti sampai situ, memasuki episode 18 perolehan rating melonjak ke angka 30,6 persen, yang sekaligus menandai kesuksesan drama ini. Hingga pada episode 20, drama ini tamat dengan rating memuaskan sebesar 35,2 persen.

6 dari 7 halaman

The Moon That Embraces the Sun - 2012

Drama ini bercerita tentang sebuah cinta rahasia antara Lee Hwon (Kim Soo Hyun) bersama dengan seorang putri dari keluarga bangsawan Heo Yeon Woo (Han Ga In). Semasa kecil Ibu Suri Yeon Woo berencana membunuhnya untuk menggeser posisi Yeon Woo sebagai ratu. Namun berkat kekuatan sihir, ia mampu lolos dari niat jahat itu meski harus kehilangan ingatan.

Delapan tahun kemudian Yeon Woo kembali ke tanah kelahirannya dengan nama Wol, dan semua orang masih ingat dengan dirinya. Ia pun terlibat hubungan asmara dengan seorang raja bernama Lee Hwon (Kim Soo Hyun).

Yeon Woo pun akhirnya harus berjuang untuk mendapatkan kembali posisi sebagai ratu Joseon yang dibantu oleh Lee Hwon.

The Moon that Embraces the Sun memperoleh rating 18,0 persen pada episode perdananya. Rating tersebut terus meningkat hingga mencapai angka 31,7 persen pada episode kedelapan.

Drama historikal memang merupakan salah satu genre drama yang diidolakan oleh masyarakat Korea, terlebih karena drama ini memiliki alur cerita yang unik. The Moon than Embrace the Sun akhirnya berakhir di episode 20 dengan perolehan rating 42,2 persen.

7 dari 7 halaman

Descendants of the Sun - 2016

Descendants of the Sun merupakan drama bergenre melodrama yang berkisah tentang kisah cinta antara Kapten Yoo Shi Jin (Song Joong Ki), seorang tentara dalam pasukan penjaga perdamaian PBB dengan seorang dokter bernama Kang Moo Yeon (Song Hye Gyo).

Yoo Shi Jin tampaknya memendam rasa cinta terhadap Kang Moo Yeon. Namun tugasnya sebagai seorang tentara, membuatnya harus menjalani tugas kemiliteran di sebuah daerah perang di Semenanjung Balkan.

Sifat asli Song Joong Ki rupanya terungkap oleh lawan mainnya di drama Descendants of the Sun, Song Hye Kyo.

Alih-alih berpisah, ia malah dipertemukan lagi dengan Moo Yeon yang ternyata juga ditugaskan menjadi tim medis di negara itu. Kisah cinta mereka pun akhirnya kembali bersemi dengan serangkaian peristiwa tak terduga yang mereka alami selama berada di negara konflik tersebut.

Descendants of the Sun merupakan drama pertama sejak empat tahun terakhir yang meraih perolehan rating 30 persen. Pada episode pertama, drama ini tayang dengan rating 14,3 persen versi AGB Nielsen. Pada episode ketiga, rating drama ini langsung melejit ke angka 23,4 persen.

Di episode sembilan, rating drama ini tembus ke angka 30,4 persen dan 31,6 persen pada episode 10. Descendants of the Sun hingga kini masih tayang dan diperkirakan akan berakhir pada 14 April 2016 dengan total 16 episode. Meski belum berakhir, kemungkinan rating drama ini akan terus meningkat karena respons pemirsa yang sangat baik. (Ufa)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.