Sukses

Indonesian Short Film Festival 2016 Segera Dibuka

Kompetisi Film Pendek yang digelar oleh SCTV tahun ini berhadiah total Rp 165 juta.

Liputan6.com, Jakarta Kompetisi film pendek Indonesian Short Film Festival (ISFF) kembali digelar oleh SCTV tahun ini. Acara yang memasuki tahun kedua pelaksanaannya ini, merupakan bagian dari rangkaian kegiatan ulang tahun SCTV yang bakal memasuki usia ke-26 pada Agustus mendatang.

"Dari penyelenggaraan tahun lalu, ternyata diketahui film-film pendek Indonesia luar biasa. Mudah-mudahan kita bisa mengulang sukses tersebut," ujar Banardi Rachmad, General Manager Acquisition Program SCTV dalam briefing yang digelar di SCTV Tower, Senayan City, Jakarta, Selasa (5/4/2016).

Indonesian Short Movie Film Festival (SCTV)

Penyelenggaran ISFF pertama, kata Banardi, sukses menarik antusiasme sineas film pendek di Indonesia. Total ada 571 judul film pendek yang didaftarkan dalam festival tahun 2015.

Untuk tahun ini, pendaftaran film pendek dimulai pada tanggal 15 April mendatang, dan ditutup pada 14 Juli 2016. Pengumuman pemenang, akan diselenggarakan pada 13 Agustus 2016. Siapa pun yang memiliki karya film pendek dengan durasi 5-15 menit dapat ikut serta dalam ISFF. Syaratnya, video harus diunggah di platform Vidio.com.

 

 

Ada tujuh kategori yang diperlombakan dalam ISFF. Ketujuhnya adalah Film Pendek Drama Terbaik, Film Pendek Thriller Terbaik, Film Pendek Komedi Terbaik, Film Pendek Action Terbaik, Film Pendek Animasi Terbaik, Film Pendek Favorit, dan satu kategori baru yakni International Short Film Terbaik.

"Kategori ini ditambahkan untuk peserta di luar negeri yang tertarik untuk ikut ajang ini," ujar Banardi menambahkan.

Total hadiah yang diberikan pada pemenang ajang ini senilai Rp 165 juta. Ditambah piagam untuk finalis yang lolos penjurian tahap awal. Tak hanya itu, film para pemenang akan ditayangkan di SCTV. Para juara juga akan mendapatkan kontrak eksklusif sebagai filmmaker di Vidio.com, sekaligus direkomendasikan pada produser film Indonesia untuk ikut dilibatkan dalam pembuatan film panjang.

Indonesian Short Movie Film Festival 2016 (SCTV)

Sementara itu, dewan juri yang bertangung jawab terhadap penentuan pemenang adalah para sineas yang telah berpengalaman di bidangnya. Mereka adalah aktris Acha Septriasa dan tiga sineas kenamaan Indonesia, yakni Anggy Umbara, Sidi Saleh, dan Dennis Adhiswara.

"Ini adalah satu ajang yang menampilkan kreativitas anak bangsa. Saya sendiri sudah nggak sabar melihat kemunculan talenta baru dari ajang ini," kata sutradara film Comic 8, Anggy Umbara.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.