Sukses

Pakar Telematika Yakin Video Mesum Mirip Saipul Jamil Asli

Video mesum mirip Saipul Jamil itu menarik pakar telematika, Abimanyu Wahjoewidajat, untuk menguji keasliannya.

Liputan6.com, Jakarta - Beredarnya video mirip Saipul Jamil sedang bercinta dengan seorang pria langsung menghebohkan dunia maya. Banyak yang meyakini pelaku video tersebut ialah benar duda Dewi Perssik.

Apalagi, Saipul Jamil kini sedang menjalani proses hukum akibat melakukan pelecehan seksual terhadap remaja laki-laki.

Beredar video bercinta mirip Saipul Jamil dengan seorang pria

 

Video viral itu menarik pakar telematika, Abimanyu Wahjoewidajat, untuk menguji keaslian video berdurasi 31 detik itu. Hasilnya cukup mengejutkan.

"Soal kontennya tidak ada rekayasa digital. Memang ada perbuatan mesum di situ, tapi karena ada sensor tidak bisa dipastikan masuk atau tidak (perbuatan anal)," kata Abimanyu saat dihubungi, Rabu (13/7/2016).

Saipul Jamil (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Meski gambar video telah mengalami sedikit proses editing, Abimanyu Wahjoewidajat menilai wajah sosok pria tersebut asli. Ia tak menyangkal jika pelaku di video tersebut memang mirip dengan Saipul Jamil.

"Adanya sensor itu sudah ada editan. Namun, editan dalam arti secara digital karena ada sensor itu sendiri. Kalau bicara kontennya tanpa editan, tidak menghilangkan perbuatan dan kemiripan (wajah Saipul Jamil) itu," ia menambahkan. (Ras/Gie)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.