Sukses

Delia Septianti dan Suami Dituduh Gelapkan Uang Rp1,8 Miliar

Delia Septianti dan suami, Tofan Pohan dituduh telah menggelapkan uang sebesar Rp1,8 miliar untuk pembangunan tempat parkir.

Liputan6.com, Jakarta - Delia Septianti dan suaminya, Tofan Putra Unggul Pohan, dilapokan ke polisi lantaran dituduh telah melakukan penggelapan uang sebesar Rp 1,8 miliar. Pelapor kasus tersebut adalah Amelia Aljufrie yang merupakan rekan bisnis Delia dan Taufan.

Bersama kuasa hukumnya Devi H. Waluyo, Amelia melaporkan hal tersebut ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (18/7/2016). Dalam laporannya, Amelia membawa beberapa bukti untuk memperkuat laporannya tersebut.

Amelia Aljufrie, pelapor Delia Septianti dan Taufan Pohan. [Foto: Sapto Purnomo/Liputan6.com]

"Kami baru melaporkan seorang bernama TPU (Tofan Putra Unggul) dan ASI alias DS (Delia Septianti) dalam perkara penggelapan dan penipuan, pasal 372 KUHP dan 378 KUHP. Tadinya kami mau laporkan TPU saja, suaminya saja, tapi ternyata untuk keduanya," ujar Devi H. Waluyo usai membuat laporan.

Amelia menceritakan, awalnya ia ditawari oleh Delia untuk bekerja sama dengan suaminya untuk membuat sebuah parkiran. Taufan menjanjikan kepada Amelia, modal sebesar Rp1,8 miliar tersebut akan kembali setelah tiga bulan.

Namun hal tersebut tak pernah direalisasikan oleh Tofan dan Delia. Malah, Amelia sempat diberi cek kosong oleh Tofan. "Aku enggak kenal suaminya, tapi kenal Delia sudah tujuh tahun. Terus aku dikenali ke suaminya dua bulan setelah mereka nikah, dan ditawari bisnis. Bertemu mereka berdua dan bicara bisnis parkir di UIN Bandung dan RS Tarakan, Jakarta Pusat," ungkap Amelia.

Delia Septianti [Foto: Instagram Delia Septianti]

"Cek itu diserahkan awal November 2015, tapi jangka waktu sampai juli 2016 tapi dananya tidak ada. Pertama, Rp1,5 miliar. Bulan lalu Rp300 juta kami cairkan kosong, dan Juli coba kami cairkan masih kosong, jumlahnya di atas Rp1 miliar," beber Devi H. Waluyo.

Sebelum melaporkan Delia Septianti dan Taufan ke polisi, Amelia sempat membicarakan masalah tersebut secara kekeluargaan. Namun tak ada titik terang dalam permasalahan tersebut. Sehingga Amelia akhirnya memutuskan untuk melaporkan ke polisi. "Kalau aku telepon selalu besok-besok, alasan bank tutup," kata Amelia. (fei)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini